Penghuni Pelatnas Bulu Tangkis 2022 Jalani Tes Kesehatan

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:03 WIB
loading...
Penghuni Pelatnas Bulu Tangkis 2022 Jalani Tes Kesehatan
Pemusatan latihan nasional (pelatnas) mulai diramaikan dengan kehadiran para pebulu tangkis terbaik Tanah Air, Rabu (19/1/2022). Mereka hadir di Cipayung untuk menjalani serangkaian tes kesehatan / Foto: Instagram PBSI
A A A
JAKARTA - Pemusatan latihan nasional ( pelatnas ) mulai diramaikan dengan kehadiran para pebulu tangkis terbaik Tanah Air, Rabu (19/1/2022). Mereka hadir di Cipayung untuk menjalani serangkaian tes kesehatan.

Berdasarkan rilis PBSI dilaporkan para pemain mulai dari Fajar Alfian, M. Rian Ardianto, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Greysia Polii, Apriyani Rahayu hingga Kevin Sanjaya terlihat hadir. Mereka tampak menikmati menjalani serangkaian tes tersebut.

Tes kesehatan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa bagus kondisi para pebulu tangkis terbaik Tanah Air setelah dipulangkan ke klub masing-masing pada 18 Desember 2021 lalu. Hasil ini nantinya akan dijadikan tolok ukur untuk melihat kesiapan mereka kembali penghuni Pelatnas 2022.

BACA JUGA: Soal Pencoretan Praveen Jordan/Melati Daeva, Richard Mainaky: Praveen Pernah Dapat SP!

Tidak berbeda dengan para junior yang lolos Seleknas PBSI 2022 kemarin, mereka juga menjalani serangkaian tes. Katakanlah seperti tes pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan tanda-tanda vital dan tinggi-berat badan, rontgen, pemeriksaan postural, foot scan, dokter umum, EKG, gizi, dan beighton score test.

Tes berkala ini dijelaskan dokter PBSI, dr. Grace Joselini Corlesa, MMRS., Sp.KO., data kesehatan yang dimiliki para atlet tahun lalu akan diperbarui. "Idealnya itu memang data atlet-atlet eksisting harus diperbarui setiap enam bulan hingga satu tahun sekali. Kami akan lihat perkembangannya bagaimana kemudian monitoring hasil sebelumnya sampai sekarang,” tutur Grace.

“Jadi ini hanya tes berkala sekaligus skrining untuk kesehatan baik secara fisik maupun secara medis, juga untuk preventif cedera atau masalah lainnya," kata Grace.

BACA JUGA: Potret Cantik Melati Daeva Bidadari Bulu Tangkis Indonesia Usai Dicoret PBSI

Sebelumnya, telah lebih dulu dilaksanakan serangkaian tes kepada para pemain baru hasil juara di Seleknas 2022 kemarin. Kata Grace, terdapat sejumlah perbedaan treatment di antara mereka dengan para senior.

"Perbedaan dengan atlet-atlet yang baru masuk tentunya yang baru kami harus tahu rekam medisnya. Hasil darahnya, rekam jantungnya termasuk posturalnya juga," bebernya.

Selanjutnya para atlet senior ini akan menjalankan tes fisik pada Kamis 20 Januari 2022 besok. Mereka mempersiapkan diri sebelum PP PBSI melakukan pemanggilan secara resmi melalui SK pemanggilan untuk kembali ke rutinitas latihan menjelang pertandingan-pertandingan penting yang sudah menanti.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)