Menpora Tak Ingin Indonesia Gagal Gelar MotoGP Gara-gara Masalah Karantina

Rabu, 19 Januari 2022 - 20:54 WIB
loading...
Menpora Tak Ingin Indonesia Gagal Gelar MotoGP Gara-gara Masalah Karantina
Menpora Zainudin Amali tidak ingin Indonesia gagal menggelar MotoGP Indonesia 2022 karena masalah karantina / Foto: Kemenpora
A A A
JAKARTA - Menpora Zainudin Amali tidak ingin Indonesia gagal menggelar MotoGP Indonesia 2022 karena masalah karantina. Karena itu, politikus Golkar itu menyampaikan akan mencari cara terbaik mengenai kebijakan karantina bagi para pemain atau atlet yang akan bertanding di Tanah Air.

Pagelaran balap MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika sempat menjadi buah bibir. Ini tak lepas dari pernyataan CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, yang menyatakan bakal mengesampingkan negara-negara yang memberlakukan sistem karantina.

Sehubungan dengan itu, NOC Indonesia telah menyampaikan bahwa para pelaku olahraga memerlukan karantina dengan sistem yang berbeda, seperti bubble atau gelembung. Yang mana sistem seperti itu telah digunakan pada rangkaian Indonesia Badminton Festival di Bali yang dapat diadopsi untuk pesta olahraga lainnya.

BACA JUGA: Tim Gresini Racing Pamer Motor MotoGP 2022, Patrick: Tak Sabar Melihat Aksi di Mandalika

Lebih lanjut, Amali pun juga telah menerima usulan tersebut dan akan menyampaikannya kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Pasalnya, jika proses karantina untuk atlet disamakan dengan yang lainnya, maka ini mengancam event-event internasional batal menggelar di Indonesia, termasuk MotoGP .

“Beberapa waktu lalu kami mendapat informasi dan keluhan dari International Federation dari beberapa cabor. Mereka menyatakan kalau Indonesia tidak mampu melakukan seperti itu, maka mereka akan pindah ke negara lain. Ini tentu kan menjadi kerugian untuk kita,” kata Menpora Amali dalam konferensi pers virtual, Rabu (19/1/2022). ungkapnya.



“Mereka setuju untuk datang ke Indonesia tanpa melakukan karantina dalam waktu yang panjang. Mereka menyampaikan jika sudah dalam sistem bubble harusnya sudah terjaga keamanannya,” imbuhnya.

BACA JUGA: Jelang MotoGP 2022: Mantap! Level Kecepatan Marc Marquez Dekati Maksimal

“Kami pernah melakukan ini (sistem bubble) pada ajang bulu tangkis di Bali tahun lalu, dan berjalan dengan sukses. Jadi, mereka yang akan datang ke Indonesia ingin diperlakukan seperti itu,” sambungnya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1630 seconds (10.177#12.26)