Liga Malaysia Segera Gunakan VAR, Indonesia Kapan Nyusul?

Kamis, 20 Januari 2022 - 13:03 WIB
loading...
Liga Malaysia Segera Gunakan VAR, Indonesia Kapan Nyusul?
Ilustrasi VAR. Foto: Tangkapan Layar
A A A
KUALA LUMPUR - Federasi sepak bola Malaysia (FAM) mengkaji penggunaan Video Assistant Referee (VAR) untuk segera diterapkan di Liga Malaysia. Presiden FAM, Datuk Hamidin mengatakan bahwa ruang VAR akan segera dibangun di kantor baru FAM dan akan dipelajari lebih dalam.

FAM baru saja mengumumkan dimulainya pembangunan kantor baru yang terletak di sebelah selatan Kuala Lumpur. Nantinya, ruang VAR yang ditargetkan rampung pada 2025 akan digunakan untuk mempelajari lebih dalam mengenai teknologi tersebut.



Hamidin pun menjelaskan bahwa pembangunan kantor baru bertujuan untuk mengembangkan sepak bola modern di Negeri Jiran. Dirinya juga memperkirakan bahwa VAR akan siap diterapkan di Liga Malaysia 10 sampai 20 tahun lagi.

“Kami menyediakan barang itu (VAR), jadi dalam 10 hingga 20 tahun ke depan, VAR sudah siap. Fasilitas itu juga dibangun setelah kami berkunjung ke banyak federasi, termasuk UEFA dan FIFA,” kata Hamidin dilansir Berita Harian,Rabu (19/1/2022).

Hamidin mengungkap bahwa dirinya sudah mempelajari langkah-langkah negara maju seperti Jepang dan negara Eropa ketika mereka menyiapkan VAR. Pembangunan bilik VAR di kantor baru FAM disebut sebagai langkah awal menuju masa depan sepak bola Malaysia yang lebih maju.

“Kami akan menggunakan VAR, baik di Liga Malaysia, maupun FAM, nanti kami pastikan. Artinya, kami mempelajari langkah lengkap yang ditempuh UEFA atau asosiasi besar lainnya, seperti Jepang,” tambahnya.

Sebagaimana dengan di Indonesia, Liga Malaysia juga tengah disorot menyusul keputusan-keputusan kontroversial wasit. Oleh sebab itu, publik sepak bola Malaysia menuntut FAM untuk segera menerapkan VAR, namun proyek tersebut masih terkendala masalah biaya yang memakan jutaan ringgit.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)