Shayne Pattynama Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Belanda Berhasrat Bela Timnas Indonesia

Jum'at, 21 Januari 2022 - 10:07 WIB
loading...
Shayne Pattynama Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Belanda Berhasrat Bela Timnas Indonesia
Shayne Pattynama: Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Belanda Berhasrat Bela Timnas Indonesia/eurosport.no
A A A
Pemain keturunan Indonesia berdarah Belanda sangat banyak salah satunya Shayne Pattynama yang berhasrat bisa membela Timnas Indonesia. Pemain berusia 23 tahun itu pun sudah mengirimkan kode untuk membela Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Shayne Elian Jay Pattynama, nama lengkapnya, kini bermain di Eliteserien Liga Norwegia bersama Viking FK Stavanger. Shayne Pattynama yang lahir di Lelystad, Belanda, 11 Agustus 1998, menandatangani kontrak dengan Viking FK pada April 2021 setelah sebelumnya membela Telstar di Liga Belanda.



Shayne Pattynama yang jebolan Ajax Amsterdam junior memiliki darah keturunan Indonesia dari ayahnya yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Shayne Pattynama pernah mengungkapkan keinginannya untuk bisa membela Timnas Indonesia melalui Jhonny van Beukering, yang juga pernah membela skuad Garuda.

''Aku sering mendengar Timnas Indonesia. Kalau panggilan itu datang, aku akan bilang ya,''tutur Shayne Pattynama di kanal YouTube Yussa Nugraha pada 2020. ''Sebuah kehormatan bermain di Timnas Indonesia,''lanjutnya.

Darah Indonesia yang kental membuat Shayne Pattynama berusaha untuk bisa mengenal negeri leluhurnya termausk berbahasa Indonesia. "Sejak kecil, orang tua ingin mendidik kami dua bahasa (Indonesia dan Belanda). Tapi, itu agak sulit sehingga kami akhirnya hanya fasih berbahasa Belanda,"ungkap Pattynama masih di kanal Youtube Yussa Nugraha.



Sebelum membela Viking FK, bek kiri yang memiliki postur 180 cm itu menjalani debutnya bersama Jong Utrecht di Eerste Divisie (Divisi 2) Liga Belanda. Dia kemudian hengkang ke Telstar pada musim 2019-2021 dengan 5 gol dari 45 pertandingan.

Jika Shayne Pattynama bisa mewujudkan mimpinya berseragam Timnas Indonesia akan menjadi kekuatan dahsyat bagi lini belakang skuad Garuda. Dia bisa berkolaborasi dengan pemain belakang lokal termasuk Elkan Baggott pemain keturunan Indonesia lainnya di Timnas Indonesia.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5038 seconds (0.1#10.140)