Cegah Penyebaran Covid-19, Pertandingan IBL Istirahat 2 Hari

Kamis, 03 Februari 2022 - 12:04 WIB
loading...
Cegah Penyebaran Covid-19, Pertandingan IBL Istirahat 2 Hari
Direktur Utama IBL, Junas Mirardiarsyah, memutuskan untuk meniadakan pertandingan pada hari Kamis dan Jumat guna menekan angka penyebaran Covid-19 / Foto: Logo
A A A
JAKARTA - Direktur Utama IBL , Junas Mirardiarsyah, memutuskan untuk meniadakan pertandingan pada hari Kamis dan Jumat guna menekan angka penyebaran Covid-19. Ini disebabkan lantaran pemain dan ofisial tim banyak yang terpapar virus tersebut.

Kompetisi IBL saat ini memasuki seri kedua yang bergulir di Bandung. Pada hari kelima yang seharusnya bergulir, Rabu (2/2/2022) kemarin, penyelenggara resmi membatalkan empat pertandingan.

Menanggapi situasi tersebut, IBL pun melakukan langkah preventif untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Opsi mitigasi yang diambil oleh manajemen dengan mengistirahatkan pertandingan pada seri kedua IBL 2022 sesuai dengan prosedur yang telah disusun sebelumnya.

BACA JUGA: Hasil Senegal vs Burkina Faso: Lions of Teranga Lolos ke Final Piala Afrika 2021

"Hari Kamis (3/2) dan Jumat (4/2) kami putuskan untuk tidak mempertandingkan game sebagai upaya menghentikan penyebaran virus Covid-19," kata Junas dilansir dari laman resmi IBL, Kamis (3/2/2022).

Beberapa pemain memang mendapatkan hasil positif saat dilakukan PCR berkala. Bahkan hasil serupa juga diterima oleh enam orang wasit yang bertugas pada seri kedua IBL 2022 di C'Tra Arena Bandung, yang semula dijadwalkan 29 Januari-5 Februari. Tes berkala ini dilakukan di tengah periode sebagaimana juga prosedur yang dilakukan terhadap serie sebelumnya

"Meskipun terdapat kasus positif, personil yang sehat sejauh ini lebih banyak dan terdapat juga personil yang awalnya positif telah sembuh dengan hasil negatif. Mengingat musim kompetisi masih panjang, sementara ini demi mencegah dan menghentikan penyebaran, sisa pertandingan seri kedua kami istirahatkan," imbuhnya.

BACA JUGA: Persebaya Tolak Lepas Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan ke Timnas Indonesia U-23

Hal senada pun dipaparkan oleh tim dokter pendamping penyelenggara, Dr. Panudju. Dia mengungkapkan kalau keputusan untuk menghentikan pertandingan ini adalah langkah yang tepat untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

"Langkah mitigasi seperti ini memang harus dilakukan. Kita juga telah melakukan karantina, isolasi dan pengawasan kepada mereka yang memperoleh hasil positif," kata Dr. Panudju.

Dengan tidak adanya pertandingan selama dua hari ke depan, IBL juga akan mengambil langkah lain. Yaitu berencana untuk memperpanjang seri Bandung untuk kembali melanjutkan sisa pertandingan.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)