Pesepak Bola Muslim yang Pernah Menjadi Gacoan Barcelona

Jum'at, 04 Februari 2022 - 07:33 WIB
loading...
Pesepak Bola Muslim yang Pernah Menjadi Gacoan Barcelona
Pesepak Bola Muslim yang Pernah Menjadi Gacoan Barcelona
A A A
Pesepak bola muslim yang pernah dan masih aktif membela Barcelona silih berganti menjadi andalan klub Catalan saat merumput di La Liga maupun kompetisi Eropa. Musim 2003 hingga saat ini, banyak pesepak bola muslim yang pernah dan masih aktif sebagai andalan Barcelona.

Pada musim 2011-2012, Barca pernah diperkuat oleh empat pesepak bola muslim dari beberapa negara: Eric Abidal (Prancis), Ibrahim Afelay (Belanda), Yaya Toure (Pantai Gading), dan Seydou Keita (Mali). Abidal, Afelay, Keita bahkan disebut Xavi Hernandez mantan kapten yang kini menjadi pelatih Barcelona sebagai pemain yang taat menjalankan perintah agamanya seperti Sholat lima waktu dan puasa Ramadhan.



Yaya Toure dan Eric Abidal menjadi pemain paling terkenal di Barcelona musim tersebut. Abidal memiliki keistimewaan bek kiri saat membawa Barca juara Liga Champions 2009 dan 2011. Pemain hebat lainnya yang pernah membela Barcelona adalah Lilian Thuram. Pemain asal Prancis itu menjadi andalan di sektor bek di musim 2006-2008. Dia kemudian pensiun karena ada masalah dengan jantungnya.

Nah, di musim 2021-2022 ada sejumlah nama pemain muslim baik yang statusnya permanen maupun pinjaman atau dipinjamkan yang pernah membela Barcelona. Nama winger Ousmane Dembele, Miralem Pjanic, Moussa Wague, Yusuf Demir hingga Adama Traore menjadi pemain muslim yang pernah bernaung di bawah manajemen Barcelona.

Ousmane Dembele, kelahiran Verron Ture, Prancis, menjadi andalan Barcelona. Dembele yang membela Barcelona sejak 2017 dipastikan bertahan bersama Barcelona setelah sempat diisukan akan hengkang karena masalah nilai kontrak.

Pemain muslim di Barcelona lainnya adalah Moussa Wague bintang asal Senegal berpostur 177 cm yang beroperasi di bek kanan. Namanya memang tidak setenar Eric
Abidal atau Yaya Toure. Namun, pemain yang dipinjamkan ke KAS Eupen itu pernah disejajarkan dengan Dani Alves.



Miralem Pjanic, pemain muslim asal Bosnia Herzegovina menjalani masa sulit di Barcelona hingga harus dipinjamkan ke klub Turki, Besiktas. Pjanic yang bermain sebagai gelandang jangkar juga pernah membela Juventus.

Pemain muslim lainnya yang pernah menjadi gacoan FC Barcelona di antaranya kiper Rustu Recber yang bermain di musim 2003-2006, Lilian Thuram (2006-2008), Munir el Hadadi (2014-2018), Arda Turan (2015-2018),
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)