Ekspansi Anak-Anak Dewa di Benua Biru

Sabtu, 13 Juni 2020 - 08:00 WIB
loading...
Ekspansi Anak-Anak Dewa di Benua Biru
Frenkie de Jong dan Donny van de Beek
A A A
JAKARTA - Guna mencegah penyebaran covid-19, Liga Belanda memang sudah dihentikan akhir April lalu. Tapi bagi fans Ajax Amsterdam yang kangen melihat para mantan bintang klub berjulukan De Godenzonen (anak dewa) itu beraksi, menonton permainan mereka di liga-liga Eropa lainnya bisa menjadi pelipur lara.

Sebagaimana telah dimaklumatkan, Liga Italia akan dimulai Sabtu (13/6) besok, Liga Inggris Rabu (17/6) pekan depan. Kedua liga menyusul kompetisi di Jerman dan Spanyol yang telah lebih dulu bergulir.

Klub tersukses di Eredivisie yang sempat mencengangkan Benua Biru di Liga Champions periode 2018/2019 dengan menembus semi final tak kuasa menahan para bintangnya untuk bermain di klub-klub kaya. Lambaian Euro yang menggoda tentu pantang ditolak. Ajax dikenal enggan menahan pemain bintangnya lama-lama.

Filosofi mereka memang menjadi kawah candradimuka bagi pemain-pemain muda. Menyusul kepergian Frenkie de Jong ke Barcelona dan Mathijs de Ligt ke Juventus, giliran Hakim Ziyech segera bergabung dengan Chelsea.

Klub milik pengusaha Rusia Roman Abramovich menebus pemain berpaspor Maroko itu seharga 40 juta Euro (sekitar Rp 644 miliar). Harga yang pantas buat Ziyech. Bermain dengan kesebelasan berkostum merah putih sejak 2016, pria kelahiran 27 tahun silam ini berhasil mempersembahkan dua gelar juara Liga Belanda secara beruntun. Dia juga berhasil memberikan gelar juara Piala Belanda dan Piala Super Belanda musim lalu.

Selama empat musim, Ziyech bermain sebanyak 165 kali dan mencetak 48 gol serta 82 assist. Musim ini dia mencetak 8 gol dan 21 assist dalam 35 laga. Catatan itu membuatnya diganjar penghargaan pemain terbaik Ajax Amsterdam musim ini.

Selain Ziyech, gelandang menyerang Donny van De Beek dan penjaga gawang Andre Onana juga disebut-sebut segera angkat kaki dari Amsterdam Arena. Donny ditaksir sekaligus oleh tiga klub: Real Madrid, Manchester United dan Newcastle United. Sedangkan Onana dikabarkan ditaksir oleh Chelsea dan Barcelona.

Donny, 23 tahun, menjadi salah satu target utama Real Madrid untuk direkrut pada musim panas nanti. Kabarnya kini Los Blancos sudah satu langkah di depan dari Newcastle dalam mengejar tanda tangan Van de Beek.

Madrid kabarnya sudah mencapai kesepakatan pribadi dengan Van de Beek sejak musim panas lalu. Sekarang, telah ada jaminan lisan dari Ajax terkait transfer yang kabarnya akan menelan biaya hingga 55 juta euro.

Tapi Kamis kemarin (11/6) muncul kabar terbaru dari Marca. Surat kabar olah raga dari Spanyol itu mengklaim Manchester United juga sudah mengajukan penawaran pertama dengan van de Beek.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)