MotoGP Qatar 2022 Digelar Tanpa Protokol Kesehatan Covid-19

Selasa, 08 Februari 2022 - 12:12 WIB
loading...
MotoGP Qatar 2022 Digelar Tanpa Protokol Kesehatan Covid-19
Penyelenggaraan balapan seri pembuka MotoGP 2022 di Grand Prix Qatar dipastikan tidak akan mengalami kendala. Pasalnya, pihak otoritas setempat rencananya membebaskan para pembalap dan ofisial dari protokol kesehatan pencegahan Covid-19 / Foto: Qatar Livi
A A A
DOHA - Penyelenggaraan balapan seri pembuka MotoGP 2022 di Grand Prix Qatar dipastikan tidak akan mengalami kendala. Pasalnya, pihak otoritas setempat rencananya membebaskan para pembalap dan ofisial dari protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Berdasarkan laman Speedweek pada Selasa (8/2/2022) hal ini disebabkan tindakan serupa sedang dilonggarkan atau dibatalkan di seluruh dunia. Selain itu semakin banyak orang yang sudah divaksin dan pulih.

“Di GP Qatar, kewajiban tes PCR dan karantina tidak lagi berlaku, tidak ada lagi ‘gelembung Dorna MotoGP’. Normal baru akan datang,” tulis artikel di Speedweek.

BACA JUGA: Fabio di Giannantonio dan Morbidelli Punya Kesan Berbeda Menginap di Hotel Lombok

Dalam berita hari ini, sistem gelembung tersebut bakal dicabut untuk pertama kalinya untuk GP Qatar (4-6 Maret 2022). Persyaratan masker, aturan jarak dan pembatasan di area perhotelan juga bakal dihilangkan.

Pemerintah Qatar telah memvaksinasi 1.300 anggota tim, pembalap, dan reporter terhadap Covid-19 dua kali secara gratis pada Maret dan April 2021 pada tes MotoGP dan di dua Grand Prix pada 28 Maret dan 4 April.

Artinya, semua orang yang terakreditasi dapat masuk tanpa peraturan karantina, bahkan jika mereka tidak dapat menunjukkan sertifikat vaksinasi, dan negara asal juga tidak lagi berperan. Selain itu setiap pengunjung grand prix bisa leluasa beraktivitas. Dia dapat kembali dengan bebas memilih hotelnya, perusahaan rental mobilnya, kunjungan ke bar, restoran dan pusat perbelanjaan.

BACA JUGA: Fabio Quartararo Menikmati Keindahan Malam di Lombok Ditemani Suara Kodok

Sekadar informasi, para pembalap dan ofisial MotoGP baru saja melakoni tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 5-6 Februari 2022. Di sana penerapan sistem gelembung masih diberlakukan.

Tes PCR sebelum keberangkatan dan kedatangan masih ada dan semua pelancong MotoGP harus melakukan karantina sendiri. Selain itu, tes PCR lainnya dijadwalkan setiap hari ketiga, dan anggota tim serta perwakilan media harus menginap di hotel gelembung tertentu.



Selanjutnya, sirkus MotoGP bakal menjalani tes pramusim kedua di sirkuit Mandalika, pada 11-13 Februari 2022 mendatang. Di sini, protokol kesehatan juga dilonggarkan namun masih ada yang tetap diperhatikan.

Bentuk pelonggaran yang ada yakni para pembalap tidak lagi wajib melakukan karantina karena telah diberlakukannya sistem bubble travel. Kendati demikian, prokes seperti memakai masker, menjaga jarak, serta melakukan tes antigen tetap berlaku.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)