3 Skenario yang Bisa Diterapkan Setien saat Barcelona Bertamu ke Mallorca

Sabtu, 13 Juni 2020 - 14:02 WIB
loading...
3 Skenario yang Bisa...
Barcelona telah merilis 23 pemain yang masuk skuat saat Blaugrana bertamu ke markas Mallorca di Stadion Son Moix, Minggu (14/6/2020) / Foto: FC Barcelona
A A A
MALLORCA - Barcelona telah merilis 23 pemain yang masuk skuat saat Blaugrana bertamu ke markas Mallorca di Stadion Son Moix, Minggu (14/6/2020). Ada tiga skenario yang kemungkinan bakal diterapkan pelatih Quique Setien pada jornada ke-28 Liga Spanyol musim ini.

Sorotan utama dari daftar 23 pemain yang masuk dalam skuat Barcelona tentunya fokus pada kembalinya Luis Suarez dan Lionel Messi . Selama tiga bulan penangguhan kompetisi Liga Spanyol akibat pandemi virus corona, pemain asal Uruguay itu sibuk menjalani proses pemulihan pasca operasi lutut sejak 9 Januari lalu.

Sementara Messi diketahui sempat mengalami cedera paha pekan lalu. Namun dia dan Suarez sudah kembali berlatih minggu ini untuk mempersiapkan laga melawan Mallorca. (Baca juga: Preview Mallorca vs Barcelona: Target Blaugrana Tak Mau Ditawar )

Tak hanya dua nama itu saja yang mencuri perhatian. Masuknya Nelson Semedo dalam daftar skuat Barcelona melawan Mallorca juga tidak kalah mengejutkan. Pasalnya, meskipun ia sempat melanggar protokol kesehatan (lockdown) di Spanyol, dengan menghadiri pesta pada Senin kemarin, namun Setien tetap memasukkannya.

Jika melihat daftar pemain yang dibawa Setien selama melawat ke markas Mallorca, pelatih berusia 61 tahun itu punya tiga skenario skema formasi yang bisa diterapkan. Mengingat Liga Spanyol bakal menerapkan aturan baru terkait pergantian lima pemain.

Skenario pertama, Setien bisa menurunkan tiga penyerang andalannya yakni Messi, Suarez, dan Antoine Griezmann. Jika skema ini diterapkan, maka ini kali pertama ketiga bomber maut itu menjadi starter sejak awal Januari lalu. (Baca juga: Sebelas Laga Menentukan Messi untuk Gelar Liga ke-11 )

Adapun posisi lain, Samuel Umtiti yang telah dinyatakan fit bisa bermitra dengan Gerard Pique di jantung pertahanan Barcelona. Sergi Roberto dapat menempati posisi bek kanan, sedangkan Jordi Alba bisa mengambil perannya di bek kiri.

Di lini tengah, Arthur, Sergio Busquets dan Frenkie de Jong dapat memimpin ritme permainan. Skenario kedua, posisi Umtiti bisa saja berubah mengingat ia baru dinyatakan pulih oleh tim medis, Jumat (12/6) kemarin. Dan, Setien pastinya tidak ingin mengambil risiko mengingat pertandingan Liga Spanyol masih menyisakan 11 pertandingan lagi.

Posisi Umtiti bisa digantikan oleh Ronald Araujo. Pemain asal Uruguay itu melakukan debutnya di tim utama pada 6 Oktober. Dia berhasil hanya 14 menit sebelum dikeluarkan dari lapangan karena melakukan pelanggaran kontroversial.

Skenario ketiga yang bisa diterapkan Setien adalah merombak lini depan Barcelona. Meskipun pelatih Barcelona telah memperjelas kondisi Suarez dan Messi, namun kedua pemain itu bisa saja kembali ke ruang perawatan jika mengalami cedera.

Jika Messi atau Suarez tidak masuk sebagai starter, maka perannya akan digantikan oleh Martin Braithwaite dan Ansu Fati. Keduanya akan mengambil tempat bersama Griezmann untuk melancarkan serangan ke jantung pertahanan Mallorca.

Daftar 23 Pemain Barcelona

Kiper: Marc-Andre ter Stegen, Neto, Inaki Pena;

Bek: Gerard Pique, Jordi Alba, Nelson Semedo, Samuel Umtiti, Junior Firpo, Sergi Roberto, Ronald Araujo, Monchu;

Tengah: Frenkie de Jong, Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arturo Vidal, Arthur, Riqui Puig;

Depan: Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann, Ansu Fati, Martin Braithwaite, Alex Collado.
(mirz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)