Pemain Timnas Indonesia yang Pernah Main di Liga Jepang

Kamis, 17 Februari 2022 - 22:00 WIB
loading...
Pemain Timnas Indonesia yang Pernah Main di Liga Jepang
Pratama Arhan telah resmi direkrut klub J2 League, Tokyo Verdy. Bek kiri berusia 20 tahun itu akan mengikuti jejak seniornya yang pernah merumput di Jepang, salah satunya Irfan Bachdim Foto: Google
A A A
JAKARTA - Pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan telah resmi direkrut klub Jepang, Tokyo Verdy, Rabu (16/2/2022). Bek kiri berusia 20 tahun itu akan meramaikan J2 League.



Arhan diboyong Tokyo Verdy dari PSIS Semarang dengan kontrak permanen. Menurut laman transfermarkt, dia direkrut secara gratis. Ini bisa diartikan, PSIS menghapus kontraknya yang sejatinya masih berlaku hingga 31 Desember 2022 agar dia menjadi bebas transfer.

Menurut info yang beredar, pemain berpostur 172 cm itu dikontrak selama dua tahun. Arhan berpeluang melakukan debut di J2-League melawan V-Varen Nagasaki, Sabtu (19/2/2022).



Dengan demikian, dia sebentar lagi akan mengikuti jejak pendahulunya yang pernah berkarier di Jepang. Berikut daftar pemain Indonesia yang pernah merumput di Jepang.

• Ricky Yacobi

Pemain Timnas Indonesia yang Pernah Main di Liga Jepang


Ricky Yacobi mencatat prestasi gemilang selama berkarier di Timnas Indonesia era 80-an. Ia merupakan penyerang andal yang gesit di setiap pertandingan dan identik dengan rambut gondrong serta wajah rupawan.

Ricky ikut mengepakan sayap Garuda selama hampir enam tahun, sejak 1985 sampai 1991. Aksi terbaiknya terjadi pada Asian Games 1986 di Korea Selatan.

Saat melawan Uni Emirat Arab (UEA), Ricky mencetak gol dengan tendangan voli tanpa bola menyentuh tanah. Rekor lainnya, ia mampu membawa medali emas bagi Indonesia di ajang SEA Games 1987.

Kariernya dalam dunia sepak bola makin terang ketika mendapatkan tawaran untuk bermain di klub Jepang, Matsushita. Tentu kesempatan ini tidak akan ia sia-siakan.

Ricky menjadi pemain Indonesia pertama yang merumput di Jepang. Sayang, performanya di Negeri Sakura kurang maksimal. Ricky hanya berhasil mencetak satu gol di empat pertandingan yang diikutinya.

Setelah pensiun sebagai pemain, Ricky beralih profesi sebagai pelatih dengan membuka Sekolah Sepak Bola (SSB) yang berada di GBK. Ia meninggal di usia 57 tahun pada 21 November 2020 akibat serangan jantung.

• Ryu Nugraha

Pemain Timnas Indonesia yang Pernah Main di Liga Jepang


Ryu Nugraha memang kelahiran Jepang, tapi di tubuhnya mengalir darah Indonesia. Pemuda yang lahir pada 6 April 2000 di Chikuma, Nagano tersebut mengawali karier sepak bolanya di AC Nagano Parceiro.

Lalu, ia ditransfer ke Fukui United pada awal Februari 2020 dengan status pemain cadangan. Pada Januari 2022, Ryu kembali bergabung bersama tim lamanya dan dikontrak hingga akhir tahun ini.

Selama membela Fukui United, Ryu Nugraha telah bermain 12 kali dan berhasil mencetak dua cleansheet dari laga tersebut. Sebagai pemain liga Jepang yang berkewarganegaraan Indonesia, Ryu diharapkan bergabung dengan Timnas U-23 asuhan Shin Tae-Yong.

• Irfan Bachdim

Pemain Timnas Indonesia yang Pernah Main di Liga Jepang


Irfan Bachdim pernah berlaga di kompetisi Liga Jepang di dua klub berbeda, Consadole Sapporo dan Ventrofet Kofu. Awal kariernya terjadi pada 2014.

Ia membela Ventrofet Kofu di League YBC Levain Cup atau Piala Liga Jepang. Namun, ia hanya dua kali tampil dan gagal mencetak gol. Irfan Bachdim pun pindah ke Consadole Sapporo pada 2015.

Selama dua tahun, ia merumput dalam 10 laga, 95 pertandingan, 12 kali mencetak gol. Sebelum akhirnya kembali ke Indonesia pada 2017 dan tampil di Liga 1 bersama Bali United .

• Stefano Lilipaly

Pemain Timnas Indonesia yang Pernah Main di Liga Jepang


Stefano Lilipaly pernah sama-sama membela Consadole Sapporo bersama Irfan Bachdim pada 2014. Namun, di sana ia hanya berkesempatan bermain satu kali di ajang Emperor.

Ia mengemas satu kali assist dan membantu klubnya menang 5-0 atas Tonan Maebashi. Karena merasa tak berkembang di Jepang, Stefano pulang ke Indonesia dan bergabung dengan Persija Jakarta.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)