Mantan Pemain NBA Juwan Howard Diskors Usai Pukul Pelatih Lawan

Selasa, 22 Februari 2022 - 15:01 WIB
loading...
Mantan Pemain NBA Juwan Howard Diskors Usai Pukul Pelatih Lawan
Mantan Pemain NBA Juwan Howard Diskors Usai Pukul Pelatih Lawan. Foto: ANTARA/AFP/JUSTIN CASTERLINE
A A A
LANSING - Mantan pemain NBA yang kini menjadi pelatih tim Universitas Michigan, Juwan Howard, diskors selama sisa musim reguler kompetisi perguruan tinggi, NCAA, karena menyerang pelatih lawan setelah kalah.

Wilayah Big Ten, di mana Michigan dan Universitas Wisconsin bertanding, mengumumkan hukuman itu pada Senin (21/2/2022) setelah berkonsultasi dengan kedua universitas.

"Telah diputuskan adanya pelanggaran oleh pelatih bola basket Michigan Juwan Howard," demikian pernyataan itu.



Howard yang juga dikenai denda 40 ribu dolar AS akan diskors selama lima pertandingan tersisa musim reguler NCAA. Dia baru boleh kembali ke turnamen pasca-musim Big Ten yang akan dimulai pada 9 Maret di Indianapolis.

Sementara pelatih Wisconsin Greg Gard didenda 10 ribu dolar AS tetapi tidak diskors atas insiden tersebut, di mana Howard akhirnya memukul asisten pelatih Wisconsin Joe Krabbenhoft dengan tangannya.

Dalam hukuman lain yang dijatuhkan atas insiden setelah pertandingan Minggu, pemain Michigan Moussa Diabate dan Terrance Williams II dan pemain Wisconsin Jahcobi Neath akan diskors masing-masing satu pertandingan karena melakukan pemukulan pula.

Ketika Howard dan Gard bertemu di garis lapangan usai pertandingan, Howard memberi tahu Gard bahwa dia tidak menyetujui timeout yang diambil Wisconsin dengan 15 detik tersisa saat mereka unggul poin 77-63.

Howard kemudian mengatakan timeout itu "tidak diperlukan saat ini, terutama karena selisih keunggulan pon besar."

Saat mencoba menjelaskan alasannya tentang timeout, Gard meraih lengan Howard. "Pada saat itu, saya pikir waktunya untuk melindungi diri saya sendiri," katanya. Pertengkaran pun meningkat dan Howard memukul wajah Krabbenhoft.

"Pelatih dan atlet mahasiswa putaran 10 besar diharapkan menunjukkan perilaku sportifitas tertinggi," kata komisaris Kevin Warren dalam sebuah pernyataan seraya menambahkan dirinya "bersyukur" atas kolaborasi direktur olahraga kedua universitas dalam menentukan hukuman yang tepat.

Howard bermain di NBA dari tahun 1994 hingga 2013 dan sempat mencicipi juara NBA dua kali setelah bersama Miami Heat pada 2012 dan 2013

Dia pensiun sebagai pemain pada 2013 dan diangkat menjadi pelatih kepala Universitas Michigan pada 2019.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)