Tidak Pernah Kalah Sepanjang Karier: Ini Rahasia Kehebatan Floyd Mayweather Jr

Kamis, 24 Februari 2022 - 08:05 WIB
loading...
Tidak Pernah Kalah Sepanjang Karier: Ini Rahasia Kehebatan Floyd Mayweather Jr
Floyd Mayweather Jr memiliki catatan mentereng di dunia tinju dengan rekor tak terkalahkan/Foto/boxingscene
A A A
LAS VEGAS - Floyd Mayweather Jr merupakan salah satu petinju terbaik di dunia. The Money -julukan Mayweather- memiliki catatan mentereng di dunia adu jotos dengan rekor tak terkalahkan sepanjang kariernya.

Petinju kelahiran Grand Rapids, Amerika Serikat 24 Februari 1977 itu telah mengoleksi 15 gelar juara dalam kelas yang berbeda-beda, dan tak terkalahkan dalam 50 pertarungan.



Pemilik nama lengkap Floyd Joy Mayweather Jr itu merupakan anak dari eks petinju Floyd Mayweather Sr yang memiliki rekor 28-6-1 dalam karier profesionalnya sebagai petinju.

Pada awal kariernya, Floyd Mayweather tampil di kejuaraan tinju amatir dan memiliki rekor 84-6. Selain itu, Floyd Mayweather juga meraih Golden Glove kejuaraan nasional tahun 1993, 1994, dan 1996. Pada saat bermain di kejuaraan amatir, dia diberikan julukan ‘Pretty Boy’ oleh rekannya.



Melansir dari situs Quora, ada seorang pengguna yang bertanya kepada forum ‘Mengapa tidak ada yang bisa mengalahkan Floyd Mayweather?’. Lantas, pertanyaan tersebut pun mendapat beberapa jawaban dari pengguna lain.

Salah satu pengguna menjawab bahwa Floyd Mayweather merupakan petinju terbaik secara teknis dari generasinya. Floyd Mayweather menguasai teknik bertinju dengan baik. Hal tersebut mungkin saja diajarkan berdasarkan pengalaman ayahnya yang mantan petinju juga.

Alasan tersebut cukup masuk akal, Floyd Mayweather menggabungkan pengalaman bertinju ayahnya dengan pengalaman yang dimilikinya ketika bermain di kejuaraan amatir. Hal tersebut yang membuat Mayweather Jr mampu terus menang terhadap beberapa petinju top dunia selama kurun waktu 20 tahun terakhir.

Selain itu, ada juga pengguna yang menjawab bahwa Floyd Mayweather Jr tidak terkalahkan karena memiliki gaya bertinju yang defensif. Gaya ini memanfaatkan teknik Bahu Roll dimana tangan kanan diangkatnya lebih tinggi untuk menutupi bagian wajahnya selain menjadi blocker untuk serangan lawan. Sedangkan tangan kirinya berada di depannya, serta bahu kirinya ditinggikan untuk menutupi dagu dan pipi sebelah kiri.

Posisi tersebut memungkinkan Floyd Mayweather melakukan blok terhadap serangan lawan serta mengalihkan pandangan lawan. Tipe bertarung seperti ini akan mengandalkan pukulan kepada lawan dengan teknik serangan balik.

Kemudian, selain memiliki fisik yang mumpuni, Floyd Mayweather merupakan petinju yang cerdas sekaligus licik. Dia tidak berlagak seperti pahlawan, melainkan lebih menggambarkan dirinya sebagai petinju yang sombong dan arogan. Hal tersebut secara tidak langsung akan menyulut emosi dari lawannya dan membuat lawan teralihkan fokusnya.

Selain itu, ada juga pengguna yang menyampaikan pendapatnya mengenai Mayweather yang tak terkalahkan karena dia pintar dalam memilih lawan. Floyd Mayweather suka bertanding dengan beberapa petinju yang sedang berada di tahap akhir kariernya, sehingga lawannya tidak berada pada performa terbaiknya.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3497 seconds (0.1#10.140)