Liga 1 Persipura Jayapura vs Borneo FC: Mutiara Hitam Comeback Jelang Laga Usai

Senin, 28 Februari 2022 - 20:25 WIB
loading...
Liga 1 Persipura Jayapura vs Borneo FC: Mutiara Hitam Comeback Jelang Laga Usai
Persipura Jayapura akhirnya bisa merasakan lagi kemenangan di Liga 1 2021/2022. Mutiara Hitam melakukan comeback dramatis saat melawan Borneo FC. Foto: Twitter
A A A
GIANYAR - Persipura Jayapura akhirnya bisa merasakan lagi kemenangan di Liga 1 2021/2022. Mutiara Hitam meraih poin penuh setelah melakukan comeback dramatis saat melawan Borneo FC.



Tampil di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Senin (28/2/2022), Persipura sudah tertinggal 0-1 sejak menit ke-19 akibat gol Wawan Febrianto. Kekalahan nampak sudah di depan mata karena skor masih belum berubah hingga menjelang akhir pertandingan.

Tapi, dewi fortuna masih memihak Persipura. Sebab, mereka bisa mencetak dua gol dalam tempo tiga menit yang sekaligus membalikan kedudukan 2-1.

Persipura terhindar dari petaka berkat jasa Brian Fatari (86) dan Ricky Cawor (89). Dengan demikian, mereka menang lagi setelah menelan tiga kekalahan beruntun. Hasil ini sekaligus menjaga peluang untuk keluar dari zona degradasi.

Pada laga itu, Persipura sejatinya bermain lebih dominan di babak pertama. Sementara Borneo sedikit kesulitan menemui ritme permainan dan telat panas pada awal laga.

Alhasil, Persipura lebih banyak menciptakan peluang berbahaya pada awal pertandingan. Baru berjalan 12 menit, mereka sudah mengancam melalui tembakan Ramai Rumakiek, namun tembakannya masih melebar.

Borneo FC mulai bisa bermain efektif kala laga berjalan 15 menit. Alhasil, Pesut Etam berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-19 dan unggul 1-0.

Klub asal Kalimantan itu menciptakan kemelut di mulut gawang Persipura. Tembakan Jonathan Bustos sedikit mengenai Wawan Febriano sebelum masuk ke gawang Fitrul Dwi Rustapa.

Tertinggala 0-1 membuat Persipura terus menggempur pertahanan Borneo FC. Mamun, tembakan sejumlah pemainnya sulit menemui sasaran. Sementara permainan lawan terus berjalan efektif.

Pada menit 38, Borneo FC kembali mengancam gawang Fitrul Dwi Rustapa. Beruntung tembakannya masih mampu digagalkan pemain berusia 26 tahun itu.

Akurasi tembakan Persipura membaik jelang babak pertama berakhir. Total tiga tembakan tepat sasaran dilesakkan punggawa Mutiara Hitam dalam kurun waktu lima menit.

Namun, tembakan Elisa Basna, Theo Numberi dan Gunansar Mandowen mampu digagalkan penjaga gawang Gianluca Pandeynuwu. Imbasnya, kedudukan 0-1 tidak berubah hingga rehat.

Pada babak kedua, Borneo cenderung bermain reaktif. Alhasil, Persipura terus menggempur pertahanan Borneo FC. Pada menit 51, mereka mengancam melalui tembakan Ramiro Fergonzi. Namun, tembakannya masih mampu digagalkan Gianluca Pandeynuwu.

Pada menit 59, pelatih Persipura, Angel Alfredo Vera menukar Elisa Basna dengan Feri Pahabol. Pemain tersebut kelak akan mampu menjadi pembeda di laga ini.

Persipura terus menekan pertahanan Borneo FC. Namun lini belakang Borneo bermain disiplin dan solid sehingga peluang berbahaya sulit tercipta.

Persipura baru mampu kembali menebar ancaman pada menit 81. Tapi, tembakan Ramiro Fergonzi bisa ditangkap dengan sempurna oleh Gianluca Pandeynuwu.

Persipura akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit 86. Umpan manis Feri Pahabol dari situasi bola mati mampu ditanduk oleh Brian Fatari, skor berubah imbang 1-1.

Skor imbang mampu meningkatkan moral anak asuh Angel Alfredo Vera. Pembangunan serangan Persipura pun menjadi lebih cepat dan intens ke jantung pertahanan Borneo FC.

Laga berubah menjadi dramatis kala Persipura berhasil membalikkan keadaan pada menit 86. Tembakan Ricky Cawor yang memanfaatkan umpan Feri Pahabol dari sudut sempit tidak mampu dibendung Gianluca Pandeynuwu, Persipura pun comeback 2-1.

Jelang laga berakhir, Ramiro Fergonzi sempat sekali lagi membahayakan gawang Borneo. Namun, tidak ada gol tambahan hingga laga berakhir, Persipura pun membuka asa untuk lolos dari zona degradasi.



Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): Fitrul Dwi Rustapa; Wulf Horota, Brian Fatari, Donni Monim, Yustinus Pae, Theo Numberi, Takuya Matsunaga, Gunansar Mandowen, Elisa Basna, Ramai Rumakiek, Ramiro Fergonzi

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Borneo FC (4-3-3): Gianluca Pandeynuwu, Marckho Sandy Merauje, Nur Diansyah, Wildansyah, Wildansyah, Leo Guntara, Sultan Samma, Kei Hirose, Jonathan Bustos, Fajar Fathurrahman, Fransisco Torres, Wawan Febrianto

Pelatih: Fakhri Husaini
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)