IOC Larang Atlet Rusia Bertanding di Event Olahraga Internasional

Selasa, 01 Maret 2022 - 06:15 WIB
loading...
IOC Larang Atlet Rusia Bertanding di Event Olahraga Internasional
IOC Larang Atlet Rusia Bertanding di Event Olahraga Internasional/Al Jazeera
A A A
Komite Olimpiade Internasional atau IOC melarang atlet Rusia bertanding di event olahraga internasional menyusul keputusan Presiden Vladimir Putin menginvasi Ukraina. IOC mendesak negara-negara anggota untuk melarang Rusia dan Belarusia ambil bagian dalam acara olahraga internasional setelah pasukan Rusia menyerbu Ukraina.

IOC juga mencabut Olympic Order, penghargaan tertingginya, dari semua pejabat tinggi Rusia, termasuk Presiden Vladimir Putin. Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, Dewan Eksekutif IOC mengeluarkan pernyataan, ''Merekomendasikan agar Federasi Olahraga Internasional dan penyelenggara acara olahraga tidak mengundang atau mengizinkan partisipasi atlet dan pejabat Rusia dan Belarusia dalam kompetisi internasional".



Jika tidak memungkinkan karena ''alasan organisasi atau hukum'', IOC meminta pejabat olahraga untuk melakukan ''segala daya mereka'' untuk mencegah atlet dari kedua negara mengambil bagian atas nama Rusia atau Belarusia.

Komite Olimpiade Rusia (ROC) dengan tegas tidak setuju dengan IOC, dengan mengatakan keputusan itu ''bertentangan dengan dokumen peraturan IOC dan Piagam (Olimpiade)''.

''Sebagai langkah pertama, kami menganggap perlu untuk mengirim permintaan ke federasi internasional untuk tanggapan resmi tentang status atlet Rusia dan hak mereka untuk berpartisipasi dalam kompetisi internasional karena fakta bahwa ... federasi yang memiliki wewenang untuk mengakui atlet ke kompetisi internasional di cabang olahraga masing-masing,''kata ROC dalam sebuah pernyataan.

''Untuk bagiannya, Komite Olimpiade Rusia bermaksud untuk secara konsisten menjunjung tinggi hak dan kepentingan atlet Rusia dan memberikan semua bantuan yang diperlukan kepada federasi nasional kami untuk menentang keputusan diskriminatif dari federasi internasional yang relevan.''

Pernyataan dari IOC datang sesaat sebelum Paralimpiade Musim Dingin, yang dimulai di Beijing pada hari Jumat. Komite Paralimpiade Internasional (IPC) akan bertemu pada Rabu untuk membahas Rusia sebelum Olimpiade.

Atlet dari Ukraina dan negara lain telah mendesak IOC dan IPC untuk menangguhkan Rusia dan Belarusia dan segera melarang atlet mereka dari semua pertandingan olahraga. Gerakan Atlet Global, yang bertujuan untuk memberdayakan para atlet, mengatakan pernyataan IOC “gagal”.

"#IOC menolak untuk sepenuhnya menangguhkan NOC Rusia & Belarusia," katanya di Twitter.
"#IPC harus segera menangguhkan Komite Paralimpiade Rusia dan Belarusia @Olympics @Paralympics Atlet telah melihat aksi PR ini di masa lalu."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)