Bukan Hanya MotoGP dan WSBK, KEK Mandalika Bisa Gelar Ajang Olahraga Lain

Rabu, 09 Maret 2022 - 04:03 WIB
loading...
Bukan Hanya MotoGP dan WSBK, KEK Mandalika Bisa Gelar Ajang Olahraga Lain
Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) memastikan bahwa Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tidak hanya menggelar balapan MotoGP saja / Foto: Andhika (MPI)
A A A
JAKARTA - Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) memastikan bahwa Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tidak hanya menggelar balapan MotoGP saja. Menurutnya, kawasan yang ada di sekitar Sirkuit Mandalika bisa digunakan untuk menggelar olahraga lainnya. Sebab, KEK Mandalika punya wilayah yang cukup luas yakni 1175 hektar.

Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Keuangan, Strategi dan Manajemen Risiko ITDC , Nugdha Achadie, dalam konferensi pers jelang MotoGP Mandalika 2022 di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta, Selasa (8/3/2022).

"KEK Mandalika itu luasnya 1175 hektar dan memiliki garis pantai sejauh 16 km yang terdapat 5 pantai di dalamnya, Tanjung Aan, Gerupuk, Kuta, Serenting dan Seger. Dengan masing-masing pantai itu punya karakterisk pasir yg berbeda-beda," kata Nughda.

BACA JUGA: Band 90an hingga Penyanyi Viral Siap Guncang Hari Pertama dan Kedua MotoGP Indonesia di Mandalika

Nughdha mengatakan bahwa KEK Mandalika punya garis pantai sepanjang 16km yang memiliki karakteristik pasir yang berbeda-beda. Selain itu, di lima pantai yang berada dalam kawasan tersebut terdapat kondisi alam yang beragam sehingga berbagai olahraga bisa digelar di sana tak terbatas pada ajang otomotif saja, seperti triathlon, surfing hingga paralayang.

"Jadi kalau melihat kondisi alam itu, olahraga yg bisa digelar itu bisa olahraga air, darat dan udara, tidak terbatas di olahraga otomotif saja. Bisa triathlon, surfing, running, marathon, paralayang dan bersepeda," imbuhnya.

BACA JUGA: Jokowi Bakal Parade Bareng 16 Pembalap MotoGP di Jakarta

"Selain itu Mandalika juga terkenal dengan budayanya yang belum terekspos dalam skala nasional maupun internasional. Nah even event hiburan juga sangat bagus potensinya seperti konser-konser musik nasional dan internasional," tuturnya.

Keindahan alam di kawasan sekitar Sirkuit Mandalika sendiri memang tak perlu diragukan lagi. Buktinya, pada uji coba pra musim lalu, para pembalap MotoGP, mulai dari Marc Marquez hingga sang juara bertahan Fabio Quartararo memberikan pujian atas pesona alam yang luar biasa yang ada di sana.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7097 seconds (0.1#10.140)