Tak Terima Didepak FIFA dari Piala Dunia 2022, Rusia Banding ke CAS

Rabu, 09 Maret 2022 - 15:01 WIB
loading...
Tak Terima Didepak FIFA dari Piala Dunia 2022, Rusia Banding ke CAS
Federasi Sepak Bola Rusia banding ke CAS usai dicoret FIFA dari playoff Piala Dunia 2022/Foto/uefa.com
A A A
MOSKOW - Perlawanan dilakukan Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) setelah dicoret FIFA dari playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa. RFU mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) untuk menunda pencoretan negara itu dari kompetisi sepak bola Internasional. CAS sudah menerima pengajuan RFU, Rabu (9/3/2022).

RFU resmi di coret Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) setelah negara itu menginvasi Ukraina. Tak hanya FIFA, klub-klub yang berkompetisi di bawah naungan Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) pun kena dampak yang sama.

Baca juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa: Rusia Dicoret, Skotlandia vs Ukraina Ditunda


Dengan demikian, timnas Rusia tidak bisa lagi berkompetisi di kualifikasi Piala Dunia 2022, yang seharusnya mereka akan berhadapan dengan Polandia. Hal itu juga berlaku bagi Spartak Moskow yang dicoret keikutsertaannya dari Liga Europa 2021/2022.

Karena merasa dirugikan, RFU langsung mengajukan banding ke CAS untuk menindaklanjuti keputusan FIFA dan UEFA. Menurut RFU, FIFA dan UEFA tidak memiliki dasar hukum untuk menghukum Timnas Rusia serta klubnya dari kompetisi Internasional.



"RFU percaya bahwa FIFA dan UEFA tidak memiliki dasar hukum ketika memutuskan penghapusan tim Rusia. Itu melanggar hak dasar RFU sebagai anggota FIFA dan UEFA, termasuk hak untuk ambil bagian dalam kompetisi,” tulis RFU dalam pernyataan resminya, dilansir dari Inside The Games, Rabu (9/3/2022).

Setelah pengajuan banding resmi diterima, RFU langsung menekan CAS untuk mempercepat proses persidangan. RFU pun meminta FIFA dan UEFA mempertimbangkan keputusan mereka untuk menunggu hasil sidang terlebih dahulu.

"Untuk memastikan kemungkinan partisipasi tim Rusia dalam pertandingan yang dijadwalkan berikutnya, RFU akan menuntut prosedur yang dipercepat untuk mempertimbangkan kasus ini," bunyi pernyataan RFU.

CAS pun akhirnya mengamini permintaan RFU, akan tetapi belum ada pernyataan resmi dari FIFA maupun UEFA mengenai banding ini. Saat ini, mereka tengah memproses kasus itu.

"Dalam bandingnya, RFU meminta CAS untuk mengesampingkan Keputusan yang Ditantang dan mengembalikan semua tim dan klub Rusia untuk berpartisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA,” bunyi pernyataan resmi CAS.

"Kantor Pengadilan CAS telah memulai dua prosedur arbitrase terpisah dan, sesuai dengan Kode Arbitrase terkait Olahraga, akan mencari posisi pihak tergugat sehubungan dengan permintaan RFU untuk menunda pelaksanaan Keputusan yang Ditantang dan mengenai organisasi dan perencanaan setiap prosedur arbitrase,” sambung pernyataan CAS.

Sementara itu, FIFA baru saja menyatakan secara resmi menunda laga Skotlandia vs Ukraina di kualifikasi Piala Dunia 2022. Tak hanya itu, secara resmi mereka juga mendepak Timnas Rusia dari kualifikasi Piala Dunia 2022.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)