Pemilik Klub Asing Terkaya di Liga Inggris Kekayaannya Triliunan

Senin, 14 Maret 2022 - 11:23 WIB
loading...
Pemilik Klub Asing Terkaya di Liga Inggris Kekayaannya Triliunan
Pemilik Klub Asing Terkaya di Liga Inggris Kekayaannya Triliunan/The Sun
A A A
Pemilik klub asing terkaya di Liga Inggris terungkap setelah Roman Abramovich akan menjual Chelsea pasca sanksi pembekuan asetnya. Roman Abramovich dilarang menghasilkan uang dari klub sebagai hukuman atas hubungannya dengan presiden Rusia Vladimir Putin - yang memulai invasi ilegal ke Ukraina dua minggu lalu.

Hanya beberapa hari sebelumnya, Abramovich secara resmi menjual Chelsea. Sang oligarki telah memasang harga yang diminta sebesar £3 miliar atau sekitar Rp56 triliun untuk The Blues saat dia ingin menambah kekayaannya yang sudah sangat besar.



Tapi bagaimana Abramovich dibandingkan dengan pemilik asing Liga Premier dalam hal kekayaan? Orang Rusia dikatakan bernilai £ 9 miliar atau sekitar Rp169 triliun yang menempatkannya di posisi ketiga terkaya. Abramovich pernah dengan nyaman menjadi pemilik klub Liga Inggris terkaya setelah mengambil alih klub London Barat pada tahun 2003. Namun kedatangan Sheikh Mansour tahun 2008 di Manchester City membuat pemilik Chelsea itu turun ke urutan kedua.

Sheikh Mansour diperkirakan memiliki kekayaan £15 miliar atau sekitar Rp282 triliun. Namun, angka itu tidak ada artinya jika dibandingkan dengan pemilik baru Newcastle yang juga dari Arab Saudi.

Pada Oktober 2021, Mike Ashley akhirnya menjual Newcastle seharga £300 juta. Dan dalam mengambil alih Dana Investasi Publik Arab Saudi menjadi pemilik terkaya di dunia sepak bola, apalagi Liga Inggris.

Pemilik Arsenal - Kroenke Sports & Entertainment - bernilai £8 miliar, dengan Aston Villa (Nassef Sawiris dan Wes Edens) dan bos Wolves (Fosun International) masing-masing bernilai £7 miliar.



Pemilik Leicester di Thailand bernilai £6 miliar, dengan Leeds (Andrea Radrizzani) dan pimpinan Liverpool (Fenway Sports Group) setengah dari jumlah itu masing-masing £3 miliar. Pemilik Everton, Farhad Moshiri, bernilai £3 miliar, dengan Gino Pozzo dari Watford hanya £90 juta. Southampton dan Burnley keduanya juga dikendalikan oleh pemilik asing (Dragan Solak dan ALK Capital), dengan kekayaan mereka saat ini tidak diketahui.

Pemilik Asing Terkaya di Liga Inggris:

1. Newcastle Arab Saudi £320 Miliar
2. Manchester City Arab Saudi £15 Miliar
3. Chelsea Roman Abramovich £ 9 Miliar
4. Arsenal Amerika Serikat £ 8 Miliar
5. Aston Villa AS - Mesir £ 7 Miliar
6. Wolverhampton China £ 7 Miliar
7. Leicester Thailand £ 6 Miliar
8. Liverpool AS £ 3 Miliar
9. Leeds United AS - Italia £ 3 Miliar
10. Everton Iran £ 2 Miliar
11. Watford Italia £ 90 juta
12. Southampton Serbia - Swiss Tidak Diketahui
13. Burnley AS Tidak Diketahui
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)