Ikuti jejak Ali, Inoki ganti nama Islam

Rabu, 06 Februari 2013 - 22:06 WIB
Ikuti jejak Ali, Inoki ganti nama Islam
Ikuti jejak Ali, Inoki ganti nama Islam
A A A
Sindonews.com - Mantan atlet gulat profesional Jepang pertama yang masuk dalam WWE (World Wrestling Entertainment) Hall of Fame, Antonio Inoki menyatakan bahwa dirinya telah mengubah namanya menjadi Muhammad Hussain Inoki. Perubahan nama itu sebagai bentuk kebanggaannya untuk menjadi seorang muslim sejak tahun 1990-an.

Inoki saat ini aktif sebagai duta perdamaian melalui olahraga dan pemuda. Demikian sebagaimana dilansir Japan Daily Press, belum lama ini. Pria berusia 69 tahun itu banyak dikenang dan dikenal, ketika menjalani duel melawan petinju legendaris Cassius Clay alias Muhammad Ali pada 1976, yang juga disebut prototipe pertarungan mixed martial arts. Duel antara dua pria kelas berat di dunia itu berakhir imbang. Dan kini, ia pun mengikuti jejak lawannya itu untuk mengganti namanya.

Muhammad Hussain Inoki alias Inoki, juga pernah menjadi juru runding Jepang, saat ia diutus negaranya ke Irak untuk perundingan pembebasan sandera Jepang, dan kemudian ia bertemu dengan Presiden Irak saat itu Saddam Hussein.

Desember tahun lalu, Inoki pernah mengunjungi Pakistan untuk ambil bagian dalam kompetisi gulat perdamaian internasional dan juga untuk merayakan 60 tahun hubungan olahraga antara Jepang dan negara Asia Selatan. Inoki cukup dikenal di negara tersebut, karena ia pernah mengalahkan dan mencederai lengan legenda gulat Pakistan Akram Pahalwan di depan 5.000 penonton pada 1976.

Dia pun tak lupa memberikan penghormatannya kepada Pahalwan dengan mengunjungi makamnya. Ia berharap bahwa hubungan diplomatik antara kedua negara semakin kuat. Dalam kesehariannya, Inoki menjadi teladan bagi penganut Buddha dan Islam. Dia juga menjadi simbol toleransi beragama di seluruh dunia.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5643 seconds (0.1#10.140)