Sirkuit Mandalika Selamatkan Muka Indonesia dari Negara Tetangga

Sabtu, 19 Maret 2022 - 22:04 WIB
loading...
Sirkuit Mandalika Selamatkan Muka Indonesia dari Negara Tetangga
Mantan Direktur Operasional Sirkuit Sentul, Rio Sarwono, mengaku masyarakat Indonesia harus bangga dengan adanya Sirkuit Internasional Mandalika yang menjadi tuan rumah MotoGP 2022 / Foto: Instagram MGPA
A A A
JAKARTA - Mantan Direktur Operasional Sirkuit Sentul, Rio Sarwono, mengaku masyarakat Indonesia harus bangga dengan adanya Sirkuit Internasional Mandalika yang menjadi tuan rumah MotoGP 2022 . Menurutnya, kehadiran lintasan sepanjang 4,31km itu setidaknya menyelamatkan muka Bumi Pertiwi dari negara-negara tetangga.

Pernyataan itu disampaikan Rio saat menjadi pembicara dalam acara daring yang digelar MNC Trijaya bertajuk ‘Gaskeun, MotoGP Mandalika Bikin Bangga’, Sabtu (19/3/2022). Dalam kesempatan itu dia menuturkan Sirkuit Mandalika karena trek yang punya 17 tikungan itu telah menyelamatkan muka para pegiat balap otomotif Tanah Air yang dalam beberapa tahun belakangan cukup malu dengan para negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura yang rutin menjadi tuan rumah MotoGP dan F1.

BACA JUGA: Netizen Serbu Instagram Mario Aji, Diminta Duet dengan Denny Caknan Selesai Balapan Moto3 Mandalika

“Ini sangat luar biasa ya. Jadi tidak hanya teman-teman yang suka nonton MotoGP saja yang bangga dengan Mandalika ini tetapi seluruh bangsa Indonesia. Terutama bagi kami para pegiat otomotif,” kata Rio dalam acara daring yang digelar MNC Trijaya bertajuk ‘Gaskeun, MotoGP Mandalika Bikin Bangga’, Sabtu (19/3/2022).

Sekadar informasi, Indonesia terakhir kali menggelar ajang balap bergengsi pada 1997. Setelah 25 tahun berlalu, para penggemar balap roda dua di Tanah Air kembali menghelat turnamen balap paling bergengsi di dunia. Pada Minggu (20/3/2022), Marc Marquez dkk bakal balapan untuk pertama kalinya di Mandalika.

BACA JUGA: Hasil Kualifikasi MotoGP Mandalika 2022: Fabio Quartararo Tercepat, Marquez Terjatuh 2 Kali

“Soalnya kan dalam beberapa tahun terakhir kita kan merasa minder. Malaysia punya Sepang bisa bikin F1 dan MotoGP, Singapura juga bisa gelar F1. Terus Thailand juga sudah ada Superbike dan kabarnya mau ada MotoGP dan Vietnam juga sudah siap-siap mau gelar F1,” beber Rio.

“Jadi dengan adanya Mandalika kita semua jadi bangga dan tidak minder lagi dengan negara-negara tetangga. Karena kita kan negara yang lebih besar dari mereka, dan mereka sudah pada maju kok kita belum. Nah sekarang ada MotoGP jadi kita jadi bangga,” imbuh Rio.



Balapan MotoGP Indonesia 2022 akan berlangsung, Minggu (20/3/2022) pukul 14.00 WIB. Pembalap Monster Yamaha Energy sekaligus juara bertahan MotoGP, Fabio Quartararo, berhasil menyabet pole position perdana di Mandalika.

Dengan adanya balapan-balapan berkelas internasional seperti itu, Rio pun berharap kedepannya Mandalika bakal lebih banyak lagi menghelat acara kelas dunia. Dia pun menekankan agar pemerintah bisa merawat Mandalika dengan baik sehingga kualitasnya bisa terus terjaga.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)