Marciano Norman Temui PSSI, Bahas Kemungkinan Liga 1 2020 Berlanjut

Rabu, 17 Juni 2020 - 02:01 WIB
loading...
Marciano Norman Temui PSSI, Bahas Kemungkinan Liga 1 2020 Berlanjut
Mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Marciano Norman berkunjung ke kantor PSSI di Senayan, Jakarta. Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman berkunjung ke kantor PSSI di Senayan, Jakarta. Dalam kapasitas sebagai Ketua Umum KONI, Marciano berbicara kemungkinan menggelar Liga 1.

Sebagai salah satu anak cabang olah raga di bawah KONI, Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) pun mengaku siap bekerja keras mewujudkan harapan pemerintah. Hal itu disampaikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Selasa (16/6/2020). (Baca juga: PSSI Ketemu Operator Liga Bahas Nasib Kompetisi )

Sementara itu, Marciano itu juga menyatakan dukungannya pada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (operator kompetisi) untuk kembali menggulirkan kompetisi liga pada September atau Oktober mendatang. (Lihat grafis: Sepak Bola Nasional Tanpa Penonton, Apa Mungkin? )

“Saya paham, di masa Pandemi Covid-19 ini, PSSI merupakan salah satu induk cabang olahraga yang merasakan pukulan paling berat. Kebangkitan kompetisi sepak bola akan menjadi sinyal kebangkitan Indonesia di masa pandemi ini,” tegas Marciano.

Mantan Danpaspamres di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini menyatakan, kalau Bundesliga, La Liga dan Liga Inggris bisa kembali memutar kompetisi sepakbola masing-masing, maka, dengan memperhatikan daerah yang sudah dinyatakan sebagai zona hijau Covid-19, Indonesia diyakini bisa kembali mengaktifkan Liga 1 hingga Liga 3.

“Dengan dikendorkannya PSBB, masuk ke masa transisi, berputarnya aktivitas olahraga memberikan satu nafas pada sebuah kelompok besar. Karena yang ikut kegiatan sepak bola ini kan banyak rangkaiannya,” ungkap Marciano sembari menyatakan visinya membangun industri olahraga di Indonesia.

“Olahraga di Indonesia harus jadi industri. Sepak bola tentu sudah masuk ke area sport industry, tapi 63 cabang lain yang bernaung di bawah KONI juga harus diarahkan ke sana,” ungkap mantan Pangdam Jaya ini.

Pada kesempatan itu, Marciano menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya pada pengurus PSSI, yang di masa Pandemi Covid-19 hampir setiap hari menggelar komunikasi secara virtual.

“Dalam situasi seperti ini, kita memetik hikmah bahwa komunikasi dan soliditas organisasi menjadi lebih kuat,” katanya.

Ketua Umum KONI pun menyatakan dukungannya agar PSSI meraih sukses gelaran Piala Dunia U-20 2021, baik sukses penyelenggaraan maupun sukses secara prestasi.

“Kita merasa terhormat, Indonesia bisa mendapat kepercayaan menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2021. Jangan sia-siakan kesempatan berharga ini,” pungkas Marciano.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)