Kapal Pesiar Roman Abramovich Eclipse: Harga Rp18,8 Triliun, Dilengkapi Sistem Rudal

Jum'at, 25 Maret 2022 - 07:30 WIB
loading...
Kapal Pesiar Roman Abramovich Eclipse: Harga Rp18,8 Triliun, Dilengkapi Sistem Rudal
Kapal Pesiar Roman Abramovich Eclipse: Harga Rp18,8 Triliun, Dilengkapi Sistem Rudal/The Sun
A A A
Kecanggihan kapal pesiar Roman Abramovich Eclipse menjadi yang termahal di dunia dengan biaya pembuatan £ 1 miliar atau sekitar Rp18,8 triliun. Dengan harga selangit, kapal pesiar Roman Abramovich dilengkapi fasilitas canggih termasuk sistem pertahanan rudal.

Kapal pesiar Roman Abramovich Eclipse ini kini menjadi buruan Uni Eropa untuk disita pasca pecah perang Rusia vs Ukraina. Selain Eclipse, kapal pesiar Roman Abramovich lainnya, My Solaris juga diburu Uni Eropa.



Eclipse terlacak berlabuh di Turki dengan diiringi drama penghadangan oleh pro Ukraina yang berkampanye perdamaian untuk menghentikan perang. Eclipse dan My Solaris terlacak berlayar di Laut Mediterania karena aman dari kejaran Uni Eropa. Turki, Montenegro dan Maladewa termasuk negara yang tiidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan AS, yang berarti bahwa itu adalah tempat yang aman bagi kapal pesiar.

Awalnya, harga pembuatan Eclipse hanya sekitar £300 juta ketika bos klub Chelsea itu memesannya pada tahun 2010. Dengan harga selangit, Eclipse merupakan kapal pesiar pribadi terbesar di dunia saat itu. Tetapi pada saat miliarder Rusia itu akhirnya mendapatkan kuncinya, kemewahan ekstra dan langkah-langkah keamanan telah melipatgandakan biaya pembangunan Eclipse hingga mendekati £1 miliar.



Kapal raksasa sepanjang 162 meter itu memiliki tangki bahan bakar yang dikatakan mampu menampung satu juta liter, yang berarti dapat melakukan perjalanan 6.000 mil sebelum perlu diisi ulang. Eclipse menawarkan sembilan dek, yang paling atas berisi dua helipad dan garasi, dan memiliki salon kecantikan, sauna, dan ruang pijat.

Monster laut yang dapat melaju 22 knot per jam itu berbobot 13.000 ton dengan membawa 70 kru. Eclipse juga dilengkapi dengan lapis baja antipeluru dan dilindungi oleh sistem pertahanan rudal anti-balistik yang dipasang oleh ahli Jerman AST. Eclipse juga dilengkapi dengan kapal selam tiga orang yang dapat turun hingga kedalaman 48 meter di bawah laut, jika oligarki perlu melarikan diri dengan tergesa-gesa.

Dengan fasilitas canggih, Eclipse disetarakan dengan Kapal Perusak Angkatan Laut Inggris yang panjangnya hanya 152 meter. Meski namanya kapal pesiar, namun Eclipse memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan kapal perusak AL Inggris.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)