Rajai GP Indonesia 2022, Miguel Oliveira Samai Rekor Valentino Rossi dan Dekati Marc Marquez

Senin, 28 Maret 2022 - 06:01 WIB
loading...
Rajai GP Indonesia 2022, Miguel Oliveira Samai Rekor Valentino Rossi dan Dekati Marc Marquez
Sukses Miguel Oliveira di GP Indonesia membuatnya menyamai rekor legenda MotoGP, Valentino Rossi dan hanya tertinggal di belakang Marc Marquez. Foto: Twitter
A A A
LOMBOK - Sukses Miguel Oliveira di GP Indonesia bukan sekadar berujung poin penuh. Pembalap KTM Red Bull itu juga menyamai rekor legenda MotoGP, Valentino Rossi dan hanya tertinggal di belakang Marc Marquez.



Oliveira tampil apik di Sirkuit Mandalika yang baru saja menggelar balapan perdana MotoGP. Dia menjadi pembalap MotoGP pertama yang juara di Indonesia setelah 25 tahun.

Sejak 2002, ada 11 sirkuit yang telah melakukan debutnya di MotoGP. Tetapi, hanya ada dua pembalap yang masih aktif saat ini yang meraih kemenangan terbanyak di lintasan anyar, yakni Oliveira dan Marquez.

Oliveira kini berada di urutan kedua dalam daftar kemenangan terbanyak di sirkuit baru di era MotoGP. Sepanjang kariernya, dia dua kali berjaya di trek baru.

Sebelum di Sirkuit Mandalika, pembalap asal Portugal itu menyabet kemenangan di depan publiknya sendiri, di Sirkuit Internasional Algarve pada GP Portimao 2020.

Sementara Marquez memuncaki daftar dengan tiga kemenangan. Pembalap Repsol Honda itu merajai Sirkuit Austin di Amerika Serikat pada 2013. Lalu, Termas de Rio Hondo di Argentina pada 2014 dan Sirkuit Internasional Buriram di Thailand pada 2018.

Artinya saat ini, Marquez unggul 3-2 atas Oliveira. Tapi di sisi lain, Oliveira imbang 2-2 dengan Rossi. Pada 2005, Sirkuit Internasional Shanghai di China menyaksikan Rossi jadi juara perdana. Tiga tahun kemudian, The Doctor meraih kemenangan di Indianapolis Motor Speedway.

Namun, Oliveira telah melampaui catatan legenda MotoGP lainnya seperti Casey Stoner dan Jorge Lorenzo lantaran baru sekali menang. Stoner berkuasa saat pembukaan sirkuit MotorLand Aragon pada 2010. Sementara Lorenzo menaklukkan Sirkuit Silverstone pada 2010.

Memenangkan seri MotoGP selalu menjadi momen penting. Tetapi, melakukannya di sirkuit baru benar-benar unik. Pencapaian Oliveira bukan tidak mungkin berlanjut di musim ini.



Soalnya, masih ada Sirkuit KymiRing di Finlandia yang akan debut di MotoGP. Sirkuit ini akan menggelar balapan perdana pada Juli mendatang.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2476 seconds (0.1#10.140)