Proses Naturalisasi 3 Pemain Tersendat, Menpora Turun Tangan

Senin, 28 Maret 2022 - 10:04 WIB
loading...
Proses Naturalisasi 3 Pemain Tersendat, Menpora Turun Tangan
Proses naturalisasi Jordi Amat, Shayne Pattynama dan Sandy Walsh agak tersendat. Ini membuat Menpora RI, Zainudin Amali menyurati negara asal para pemain. Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
A A A
JAKARTA - Proses naturalisasi Jordi Amat, Shayne Pattynama dan Sandy Walsh agak tersendat. Ini membuat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali menyurati negara asal para pemain.



Kabar ini disampaikan Executive Committee PSSI, Hasani Abdulgani di Instagram (@hasaniabdulgani), Senin (28/3/2022). Dia mengatakan Menpora turun tangan untuk membantu proses naturalisasi tiga pemain keturunan Indonesia itu.

Bantuan yang diberikan Menpora adalah ikut menyurati negara asal ketiga pemain itu. Ini demi memenuhi sejumlah persyaratan yang diminta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk menyelesaikan administrasi calon pemain naturalisasi.

“Proses naturalisasi pemain turunan atas nama Jordi Amat, Shandy Walsh dan Shayne Pattynama sampai saat ini masih berada di Direktorat Tata Negara, Kemenhumkam,” papar Hasani.

“Bapak Menpora (Zainudin Amali) telah ikut membantu dengan menyurati perwakilan negara asal pemain tersebut untuk meminta surat keterangan seperti yg dimintakan pihak Kemenkumham. Semoga saja mendapat respons yang cepat,” lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan proses naturalisasi ketiga pemain keturunan itu masih terkendala. Sebab, negara asal mereka belum memberikan berkas Surat Keterangan Perpindahan Warga Negara sebagai syarat naturalisasi.

Berkas itu bisa didapatkan dari negara asal pemain yang bersangkutan, yakni Belanda dan Spanyol. Melihat kondisi itu, Amali berinisiatif untuk menyurati negara asal mereka guna mempercepat proses naturalisasi.



Amat, Pattynama dan Walsh diharapkan bisa segera jadi WNI agar bisa memperkuat skuad Indonesia. Pasalnya, tim asuhan Shin Tae-yong itu akan melakoni kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni nanti.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4148 seconds (0.1#10.140)