Biodata dan Agama Emmanuel Tagoe: The Game Boy 18 Tahun Tak Terkalahkan

Jum'at, 08 April 2022 - 12:21 WIB
loading...
Biodata dan Agama Emmanuel Tagoe: The Game Boy 18 Tahun Tak Terkalahkan
Biodata dan Agama Emmanuel Tagoe: The Game Boy 18 Tahun Tak Terkalahkan/The Sun
A A A
Biodata dan agama Emmanuel Tagoe, petinju yang mendadak terkenal menjelang pertarungan melawan Ryan Garcia pada akhir pekan ini. Siapa Emmanuel Tagoe yang tidak terkalahkan selama 18 tahun. Emmanuel Tagoe baru berusia 16 tahun ketika debut pertama kali terjun ke ring tinju tanpa pengalaman. Sekarang, The Game Boy tidak terkalahkan dalam 32 pertarungan selama 18 tahun dan menghadapi bintang Amerika Ryan Garcia secara langsung di DAZN Sabtu ini.

Tapi bagi Tagoe, tinju belum sepenuhnya mewah dan glamor dan bisa berakhir bahkan sebelum dimulai. Petinju Ghana itu masih remaja ketika didekati untuk ambil bagian dalam pertarungan tinju profesional di Accra pada 19 Juni 2004. Tapi tawaran itu datang saat Tagoe tidak memiliki pengalaman berlatih tinju sebelumnya, dengan pertarungan jalanan satu-satunya bentuk kemampuannya pada saat itu.



Dia kemudian kalah dari rekan senegaranya Lante Addy di ronde lima dari delapan yang dijadwalkan - kekalahan pertama dan satu-satunya dalam kariernya. Mengingat debutnya, Tagoe yang berusia 33 tahun mengatakan kepada SunSport: “Pada saat itu, saya tidak tahu apa-apa tentang tinju. Saya tidak pernah bertarung dengan amatir sebelumnya, saya tidak tahu apa-apa tentang tinju,''tuturnya.

''Saya diberitahu bahwa saya akan tampil di televisi, saya seperti, 'Oke, saya suka orang-orang dapat melihat saya di televisi'. Tapi saya memasuki ring dan saya pikir orang ini tidak bisa melakukan apa pun terhadap saya. Tapi cara saya tahu bagaimana bertarung adalah dari perkelahian jalanan,"lanjutnya,

Tagoe akan terinspirasi oleh kekalahan dan bersumpah tidak akan pernah merasakan kekalahan lagi. "Saya melakukan yang terbaik tetapi saya tidak mendapatkan kemenangan. Setelah itu saya fokus pada tinju dan membuktikan bahwa semua orang salah. Mentalitas itu tetap ada di pikiran saya, tetapi gaya tinju berbeda dengan pertarungan jalanan. Itu sebabnya saya mulai belajar tinju,''ungkap Tagoe.

''Saya memoles kesalahan saya dan setelah itu saya berkata pada diri sendiri, 'Saya tidak ingin kalah lagi'. Saya benci kekalahan dan itulah mengapa saya memfokuskan diri dan mendorong diri saya sendiri dengan keras."

Tagoe akan terus bertarung penuh waktu - berlatih dengan pelatih yang sebenarnya - dan memenangkan gelar Ghana dan Afrika saat melakukannya. Setelah 21 kemenangan berturut-turut selama periode sembilan tahun, mantan petinju kelas bulu super itu melakukan debutnya di AS. Dia mengalahkan Gerardo Robles pada Agustus 2013 untuk mengumumkan dirinya ke pasar Amerika Serikat. Tagoe - dijuluki The Gameboy - menang sekali lagi di Amerika dan sekarang bersiap untuk menantang prospek mereka yang paling dipuji di Garcia, 23.

Perjalanannya dari debutan yang kalah telak menjadi penantang gelar juara dunia adalah sebuah cerita yang bahkan belum pernah dialami oleh manajer veteran Peter Kahn sebelumnya. ''Ini adalah yang pertama bagi saya tentang bekerja dengan seorang petarung yang telah memiliki jalur unik ini menuju pertarungan terbesar dalam kariernya. Meskipun tidak ada gelar juara dunia yang dipertaruhkan, itu diperlakukan seperti itu. Emmanuel telah mengalami banyak hal selama beberapa tahun terakhir dan sangat sabar,''jelas Khan.

''Terserah dia untuk membuatnya diperhitungkan melawan Ryan Garcia. Dia telah dipersiapkan dengan baik dan memiliki kamp pelatihan yang solid,''lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)