Profil Boaz Solossa, Pesepak Bola Kebanggaan Masyarakat Papua

Jum'at, 15 April 2022 - 08:00 WIB
loading...
Profil Boaz Solossa, Pesepak Bola Kebanggaan Masyarakat Papua
Boaz Solossa merupakan salah satu ikon sepak bola Indonesia. Pemain kelahiran Sorong, 16 Maret 1986 ini sudah dianggap legenda Persipura Jayapura. Foto: Insagram
A A A
JAKARTA - Boaz Solossa merupakan salah satu ikon sepak bola Indonesia. Pemain kelahiran Sorong, 16 Maret 1986 ini sudah dianggap legenda Persipura Jayapura. Ini membuat perjalanan kariernya menarik disimak.



Boaz lahir di keluarga yang cukup terkenal di Papua Barat. Pamannya yang bernama Jaap Solossa pernah menjadi Gubernur Papua sebelum meninggal pada 2005.

Boaz adalah anak bungsu dari lima bersaudara dari keluarga yang berlatar belakang sepak bola. Dia bersama Ortizan dan Nehemia termasuk diantaranya.

Karir sepak bola Boaz dimulai kala menjalani karir junior bersama klub PS Putra Yohan pada 1999-2000. Setelah itu, dia membela Perseru Serui mulai 2000 hingga 2001.

Bakat dan potensinya sudah terlihat jelas sampai pada akhirnya Boaz dipanggil tim Pon Papua untuk mengikuti ajang PON Indonesia ke-16.

Performa apiknya membuat pelatih Timnas Indonesia kala itu, Peter White memboyongnya untuk mengikuti Piala Tiger pada 2004. Boaz sendiri waktu itu masih berusia sekitar 18 tahun.

Pada tahun 2005, Boaz Solossa resmi mendapat kontrak profesional pertamanya bersama tim kebanggaan masyarakat Papua, Persipura Jayapura.

Boaz dikenal sebagai striker yang haus gol. Punya kecepatan tinggi, hingga akurasi tendangan yang fantastis menjadikannya tumbuh sebagai salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Dia menghabiskan sekitar 17 tahun untuk membela Persipura, tim kebanggan masyarakat Papua. Bersama Mutiara Hitam , Boaz menorehkan sekitar 359 penampilan dengan melesatkan 225 gol disemua ajang yang diikutinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)