Punya Statistik Fantastis, Erik Ten Hag Bisa Bawa Manchester United Juara?

Jum'at, 22 April 2022 - 12:06 WIB
loading...
Punya Statistik Fantastis, Erik Ten Hag Bisa Bawa Manchester United Juara?
Punya Statistik Fantastis, Erik Ten Hag Bisa Bawa Manchester United Juara? Foto: IST
A A A
MANCHESTER - Perlu diketahui, Erik ten Hag memiliki statistik kepelatihan yang mengesankan. Lalu apakah pencapaiannya ini bisa langsung membawa Manchester United juara musim depan?

Ajax Amsterdam benar-benar menjadi superior di bawah tangan dinginnya. Musim 2019-2020 menjadi tahun terhebat bagi mereka karena nyaris menembus Final Liga Champions jika tak terkena come back Tottenham Hotspurs di semifinal.



Arsitek berusia 52 tahun itu digaet Ajax dari FC Utrecht pada Desember 2017 lalu sebelum akhirnya dipinang Man United pada Kamis (21/4/2022). Sebanyak lima trofi sudah disumbangkannya untuk dipajang di lemari piala di Johan Cruyff Arena.

Kehebatannya pun langsung terlihat sejak musim debutnya. Ajax hampir juara pada musim 2017-2018, setelah terakhir kali juara pada 2013-2014. Namun sayang, Erik hanya bisa membawa anak asuhnya finis sebagai runner-up.
Punya Statistik Fantastis, Erik Ten Hag Bisa Bawa Manchester United Juara?

Setelah itu, kegarangan mulai tercipta. Ajax menjelma menjadi tim yang superior kembali. Mereka menyabet hattrick juara Liga Belanda pada musim 2018-2019, 2019-2020, dan 2020-2021. Kini pun sedang diperjuangkan untuk menjadi quattrick.

Mengingat, Dusan Tadic dan kawan-kawan sedang perkasa di puncak klasemen, dengan koleksi 72 poin, lewat 23 kemenangan, tiga imbang dan hanya tiga kali kalah dari 29 pertandingan. Namun PSV masih membuntuti di peringkat kedua dan hanya terpaut empat angka.

Bersama Ajax, Erik telah berperan dalam 210 pertandingan, diantaranya 156 menang, 25 imbang dan hanya 29 kali kalah. Semua ini dilakukan lewat formasi 4-3-3 bertahan yang kerap kali menjadi andalannya.

Lalu apakah catatan ini bisa menjadi modal bagus untuk The Red Devils memecahkan puasa gelarnya? Memang iya, akan tetapi Erik memiliki pekerjaan yang sangat berat untuk menukangi tim peninggalan Ole Gunnar Solskjaer dan Ralf Rangnick.

Pria kelahiran Haaksbergen itu perlu merombak skuad Iblis Merah secara besar-besaran. Hal ini pun sempat diakui oleh Ralf Rangnick jelang dirinya diresmikan. Setidaknya ada lebih dari lima pemain yang harus dibelinya saat datang ke Old Trafford.

Apalagi sejumlah pemain juga dikabarkan akan hengkang. Seperti Edinson Cavani dan Paul Pogba yang enggan memperbarui kontrak. Menarik untuk dinantikan seperti apa perubahan Erik di kubu Man United di musim depan. Apakah klop atau malah flop?
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2099 seconds (0.1#10.140)