5 Petinju yang Bikin Mike Tyson si Leher Beton Tersungkur

Minggu, 24 April 2022 - 08:02 WIB
loading...
5 Petinju yang Bikin Mike Tyson si Leher Beton Tersungkur
Sepanjang kariernya sebagai petinju, Mike Tyson pernah beberapa kali dikalahkan lawannya/Foto/Instagram
A A A
LAS VEGAS - Mike Tyson menjadi perbincangan hangat belakang ini setelah aksinya meninju seorang penumpang pesawat terekam dalam video yang beredar luas. Bukan tanpa alasan, Tyson menghajar pria tersebut karena terus mengganggunya ketika berada dalam pesawat.

Si Leher Beton -julukan Mike Tyson- merupakan salah satu petinju terhebat sepanjang masa. Sepanjang kariernya, dia telah memenangkan berbagai gelar juara, seperti gelar kelas berat WBC, WBA, hingga IBF. Dia dikenal sebagai petinju dengan gaya bertarung yang ganas dan kerap memunculkan kontroversi.



Namun, sepanjang kariernya sebagai petinju, Mike Tyson pernah beberapa kali dikalahkan lawannya. Dilansir dari Sports Keeda, berikut beberapa petinju yang pernah mengalahkannya.

1. James ‘Buster’ Douglas

Mike Tyson pernah berhadapan dengan Buster Douglas pada 11 Februari 1990. Kala itu, kehidupannya sedang kacau setelah berpisah dengan istrinya, Robin Givens. Selain itu, dia juga baru saja melepas manajernya, Bill Clayton dan pelatih Kevin Rooney.

Dalam menghadapi Douglas, ada beberapa laporan yang mengatakan bahwa Tyson tidak serius dalam latihan menuju pertandingan tersebut. Walaupun sempat menjatuhkan Douglas pada ronde kedelapan, namun setelah itu Douglas bangkit dan berbalik menyudutkan Tyson.

Iron Mike jatuh untuk pertama kalinya setelah sebuah pukulan yang diikuti kombinasi hook menghujamnya di ronde kesepuluh. Wasit Otavio Meyran pun mulai menghitung dan akhirnya Tyson kalah untuk pertama kalinya.

James ‘Buster’ Douglas menjadi petinju pertama yang berhasil mengalahkan Mike Tyson. Namun, setelah kekalahannya, Tyson mengatakan bahwa dia butuh kekalahan untuk membawanya kembali ke kenyataan dan memberinya pandangan yang lebih baik.

2. Evander Holyfield

Setelah kekalahannya dari Douglas, Mike Tyson mulai bangkit dan kembali menunjukan dominasinya. Performanya tersebut membuatnya siap untuk bertarung dengan Holyfield. Keduanya saling berhadapan pada 9 November 1996 dalam sebuah pertandingan yang bertajuk ‘Finally’.

Holyfield menjadi petinju kedua yang berhasil mengalahkan Tyson. Dalam pertandingan tersebut, dia menjatuhkan Iron Mike pada ronde 11. Beberapa bulan kemudian, mereka kembali bertarung, tepatnya pada 28 Juni 1997.

Dalam pertandingan bertajuk The Sound and The Fury di MGM Grand Garden Arena, Mike Tyson justru membuat sebuah tindakan kontroversial. Pertarungan berakhir dengan diskualifikasi setelah Tyson menggigit telinga Holyfield sebanyak dua kali dalam pertandingan tersebut. Gigitannya membuat telinga Holyfield robek cukup parah.

3. Lennox Lewis

Keduanya terlibat perseteruan sengit menjelang pertandingannya. Bahkan, rombongan kedua petinju terlibat perkelahian pada saat konferensi pers. Akhirnya, pertarungan bisa digelar pada 8 Juni 2002 di Pyramid Arena, Memphis, Tennessee.

Lewis berhasil mendominasi pertandingan dan mengalahkan Mike Tyson pada ronde kedelapan. Pertarungan ini menjadi PPV terlaris dalam sejarah. Tak seperti pertarungan sebelumnya, setelah kalah dari Lewis, Tyson menghormati lawannya dan memuji permainan Lewis.

4. Danny Williams

Setelah kehidupannya memburuk dan bangkrut pada 2003, Mike Tyson membuat comeback di arena tinju dan melawan Danny Williams pada 30 Juli 2004. Pada pertandingan ini, Tyson sempat mendominasi di awal ronde, namun tiba-tiba dia harus kalah di ronde keempat.

Setelah itu terungkap bahwa Tyson mengalami robek ligamen pada salah satu lututnya dan di pertandingan tersebut dia bertarung dengan satu kaki saja. Alhasil, Williams menjadi orang keempat yang berhasil mengalahkan Iron Mike.

5. Kevin McBride

Pertarungan profesional terakhir Mike Tyson berakhir dengan tiba-tiba. Menghadapi Kevin Mcbride pada 11 Juni 2005, Tyson kalah sebelum ronde ketujuh. Hal ini membuat semua penontonnya terkejut.

Setelah itu diketahui dalam film dokumenternya, Tyson mengungkapkan bahwa saat pertandingan melawan McBride, dia tidak berharap untuk meraih kemenangan. Setelah pertarungan ini pun, Iron Mike memutuskan pensiun dari dunia tinju profesional.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)