Jelang Barcelona vs Rayo Vallecano: Xavi Akui Sulit Raih Trofi Tanpa Messi

Minggu, 24 April 2022 - 05:02 WIB
loading...
Jelang Barcelona vs Rayo Vallecano: Xavi Akui Sulit Raih Trofi Tanpa Messi
Pelatih Xavi Henandez mengakui Barcelona kesulitan bersaing memperebutkan trofi setelah kepergian Lionel Messi/foto/culemania.com
A A A
BARCELONA - Barcelona masih rindu servis Lionel Messi. Pelatih Xavi Henandez mengakui Blaugrana kesulitan bersaing memperebutkan trofi setelah kepergian Messi ke Paris Saint-Germain (PSG) awal musim lalu.

Xavi mengatakan Barcelona harus bersabar karena mereka ingin bersaing untuk mendapatkan trofi tanpa mantan bintang mereka, Lionel Messi .



“Kami berada di era pasca-Messi, kami harus memiliki banyak kesabaran," kata Xavi dalam konferensi pers jelang pertandingan melawan Rayo Vallecano pada jornada 33 La Liga 2021/2022 di Camp Nou, Minggu (24/4/2022) malam waktu lokal atau Senin (25/4/2022) pukul 02.00 WIB.

"Saya adalah orang pertama yang bercita-cita untuk memenangkan semua trofi, tetapi kami harus memperkuat skuad untuk musim depan. Kami harus realistis, tenang dan sabar. Tanpa Messi itu jauh lebih sulit. Sikap tim patut dipuji, itu benar," imbuh Xavi dilansir Sport.es.



Blaugrana di peringkat 2 klasemen La Liga 2021/2022, tertinggal 15 poin di belakang pemuncak Real Madrid dengan enam laga sisa. Xavi cukup memberi harapan kebangkitan Barca, setelah bos sebelumnya, Ronald Koeman, meninggalkan raksasa Catalan di posisi kesembilan. Xavi ingin mengamankan posisi empat besar di akhir musim.

Xavi juga mampu membangkitkan kembali kegairahan sejumlah pemain, di antaranya Ousmane Dembele, yang sembilan assistnya di liga pada 2022 menempatkannya sejajar dengan mantan rekan setimnya Messi sebagai pemain paling kreatif di lima Liga Eropa teratas tahun ini.

Xavi juga bicara soal Frenkie de Jong, yang dikaitkan dengan kepindahan ke Old Trafford setelah mantan pelatihnya di Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, dipastikan akan menggantikan Ralf Rangnick pada akhir musim ini.

Xavi, bagaimanapun, sangat ingin mempertahankan sang gelandang selamanya. Xavi melihat De Jong memiliki bakat untuk membangun sebuah era baru di Camp Nou.

"Frenkie sangat penting bagi saya, untuk klub dan tim," tambah Xavi. "Dia adalah pesepak bola yang bisa menandai sebuah era, untuk kualitas dan kepribadiannya."

“Dia berada di level yang sangat bagus sejak saya tiba, dan dia harus terus mencetak gol, (membuat) assist dan menjadi protagonis dalam permainan. Dia bisa menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia di tahun-tahun mendatang."

“Kami belum mau berkomentar (soal masa depan De Jong), tetapi jika terserah saya, dia akan terus bertahan selama bertahun-tahun.”
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3505 seconds (0.1#10.140)