Resmi, Liga Belanda Eredivisie Dihentikan Tanpa Ada Juara

Sabtu, 25 April 2020 - 00:57 WIB
loading...
Resmi, Liga Belanda Eredivisie Dihentikan Tanpa Ada Juara
Liga Belanda, Eredivisie, musim ini terpaksa digugurkan tanpa pemenang menyusul ancaman pandemi virus corona COVID-19. Foto: Football Joe
A A A
AMSTERDAM - Asosiasi Sepak bola Belanda (KNVB) secara resmi menghentikan kompetisi tertinggi sepak bola mereka, yakni Eredivisie. Kompetisi yang kita kenal sebagai Liga Belanda itu dihentikan tanpa ada klub yang dinobatkan sebagai juara.

Keputusan tersebut terpaksa diambil akibat pandemi virus corona COVID-19 yang belum bisa dikendalikan. Pemerintah Belanda pun memperpanjang masa karantina wilayah mereka hingga 1 September 2020 mendatang.

“Dewan Sepak bola Profesional sadar bahwa keputusan ini akan menyebabkan kekecewaan besar bagi sebagian orang,” demikian kutipan pernyataan resmi KNVB, Jumat (24/4/2020) waktu setempat.

Penghentian kompetisi, seperti sudah disinggung di atas, tidak disusul dengan penobatan juara pada klub mana pun. Selain itu, dalam pernyataan yang sama, KNVB juga memastikan tidak ada klub yang degradasi maupun promosi dari kasta di bawah Eredivisie.

Sekadar informasi, saat keputusan ini diambil, tabel klasemen Eredivisie sedang dipuncaki Ajax Amsterdam dengan koleksi 56 poin dari 25 pertandingan. Sedangkan tiga tim di posisi terbawah klasemen adalah Fortuna Sittard (26 poin), ADO Den Haag (19 poin) dan RKC Waalwijk (15 poin).

Meski tidak ada tim yang kampiun dan degradasi, Badan Sepak bola Eropa (UEFA) dan KNVB sepakat menjadikan klasemen akhir Eredivisie 2019/2020 sebagai penentu jatah ke Liga Champions musim depan.

Sekadar informasi, keputusan menggugurkan kompetisi musim ini diketahui cuma beberapa jam setelah UEFA menggelar pertemuan virtual bersama 55 perwakilan asosiasi sepak bola negara-negara Eropa. (Baca juga: UEFA Restui Liga Domestik di Eropa Berakhir Prematur )
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)