Bianca Andreescu Nyatakan Siap Berlaga di Grand Slam US Open

Sabtu, 20 Juni 2020 - 14:33 WIB
loading...
Bianca Andreescu Nyatakan Siap Berlaga di Grand Slam US Open
Bianca Andreescu. Foto/wtatennis
A A A
NEW YORK - Dukungan pergelaran Amerika Serikat (AS) Terbuka 2020 terus mengalir. Kali ini, juara bertahan Bianca Andreescu menyatakan kesiapannya untuk berpartisipasi di Grand Slam tersebut. Apalagi, petenis asal Kanada itu optimistis mampu mempertahankan gelar yang diraihnya tahun lalu.

Sebelumnya, Serena Williams juga memberikan dukungan kepada Asosiasi Tenis Amerika Serikat (USTA) sebagai pihak penyelenggara AS Terbuka yang memutuskan tetap menggelar turnamen. Apalagi, USTA telah mengantongi perizinan dari Pemerintah Kota New York dan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk menggelar AS Terbuka tanpa kehadiran penonton pada 31 Agustus-13 September.

Meski ada kekhawatiran tentang pandemi virus corona (Covid-19) yang membuat AS Terbuka ditangguhkan sejak Maret lalu, Andreescu justru yakin pihak penyelenggara telah menyusun rencana demi memastikan keselamatan para petenis yang berpartisipasi. (Baca: Ditinggalan Pemain Papan Atas, Serena Jadi Magnet Grand Slam US Open)

“Saya tidak ragu bahwa USTA telah menyiapkan rencana terbaik demi memastikan keselamatan para petenis. Kita menantikan kembalinya tenis pada musim 2020. Saya tahu keputusan itu tidak diambil dengan begitu mudah dan saya benar-benar memahami setiap opini pribadi dari setiap petenis tentang tingkat kenyamanan mereka dalam melakukan perjalanan jarak dekat maupun jauh demi berkompetisi di turnamen terbesar," papar Andreescu, dilansir essentiallysport.

Tidak hanya itu, Andreescu menyatakan jika AS Terbuka merupakan turnamen yang paling berkesan dalam kariernya. Pasalnya, petenis berusia 20 tahun ini berhasil meraih gelar Grand Slam pertamanya di ajang tersebut. Hebatnya, dia berhasil meraihnya setelah mengalahkan petenis andalan tuan rumah Serena Williams 6-3, 7-5 di Stadium Arthur Ashe, September 2019 lalu. Pencapaian itu tentu membuat dirinya semakin bersemangat untuk bisa kembali bermain di New York.

“AS Terbuka akan selalu berada di tempat yang sangat istimewa dalam hati saya. Arthur Ashe adalah stadion ketika saya memenangkan gelar Grand Slam pertama dan saya menyimpan begitu banyak momen yang tidak akan terlupakan di Billie Jean King National Tennis Center,” ucap Andreescu.

Bukan hanya Andreescu, mantan petenis peringkat 1 dunia Naomi Osaka juga sangat menantikan berkompetisi di AS Terbuka musim ini. Dia berencana bermain selama penyelenggara turnamen menindaklanjuti penerapan langkah-langkah keselamatan yang tepat. (Lihat videonya: Tiga Remaja Pencuri Ayam dan Jemuran Diarak Keliling Kampung di Baubau)

Osaka yang memenangkan AS Terbuka 2018 naik ke peringkat dunia setelah merebut gelar Grand Slam keduanya dalam kariernya di Australia Terbuka musim 2019. Selama ini, petenis asal Jepang itu telah berlatih di California demi mempersiapkan diri ketika turnamen pada akhirnya dilanjutkan.

Sementara itu, rekan senegaranya, Kei Nishikori, juga sudah tidak sabar untuk bermain di AS Terbuka. Bukan hanya karena mendapat kabar dari Gubernur New York Andrew Cuomo yang memberikan izin menggelar turnamen itu, tapi dia juga sudah pulih dari cedera siku. Namun, keinginannya tersebut tidak sepenuhnya mendapat dukungan mengingat ada beberapa petenis ternama yang menentang dan memastikan absen dari AS Terbuka karena protokoler kesehatan masih kurang menguntungkan bagi para petenis.

"Saya tahu ada pro dan kontra dari kelanjutan olahraga ini. Tapi, saya senang AS Terbuka akan segera berlangsung. Tidak ada yang tahu jika itu benar-benar terjadi. Tapi, saya akan mencoba untuk menonton diri saya bersama dengan semua pemain dan siap untuk itu," kata Nishikori. (Baca juga: Batang besi Penuh Paku Ini Diduga jadi Senjata Bentrok India-China)

Kebalikan dari Osaka dan Nishikori, banyak petenis kenamaan lainnya telah mengungkapkan kekhawatiran mereka untuk melakukan perjalanan ke AS dan mengikuti semua protokol kesehatan yang diterapkan, termasuk Novak Djokovic, Rafael Nadal, petenis peringkat 1 dan 2 putri Ashleigh Barty dan Simona Halep yang telah memutuskan melewatkan AS Terbuka musim ini. (Raikhul Amar)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2299 seconds (0.1#10.140)