Klopp: Mustahil Samai Dominasi Manchester United Era Ferguson

Minggu, 21 Juni 2020 - 11:01 WIB
loading...
Klopp: Mustahil Samai Dominasi Manchester United Era Ferguson
Klopp kembali disinggung apakah dirinya mampu menyamai dominasi Manchester United di era Ferguson, saat konferensi pers jelang laga Everton versus Liverpool di Goodison Park, Senin (22/6/2020) dini hari WIB / Foto: Kolase
A A A
LIVERPOOL - Juergen Klopp kembali disinggung apakah dirinya mampu menyamai dominasi Manchester United di era Sir Alex Ferguson, saat konferensi pers jelang laga Everton versus Liverpool di Goodison Park, Senin (22/6/2020) dini hari WIB. Dalam kesempatan itu dia mengaku rasanya mustahil bagi dirinya bisa meniru keberhasilan Setan Merah saat mereka semakin dekat dengan gelar juara Liga Inggris musim ini.

Sejak Ferguson resmi menanggalkan jabatannya sebagai pelatih United pada 2013, dominasi gelar juara di Liga Inggris mengalami pergeseran. Chelsea, Manchester City, dan bahkan tim kuda hitam seperti Leicester City sukses naik podium juara.

Namun demikian, persaingan perburuan gelar juara Liga Inggris semakin seru ketika Klopp tiba di Anfield pada 2015 lalu. Musim lalu misalnya, Liverpool benar-benar membuat penikmat sepak bola di Inggris sangat menikmati pertarungan di lapangan hijau ketika Si Merah bersaing dengan City untuk menjadi pemenang di Liga Inggris.

Tapi takdir masih belum berpihak pada Liverpool, sebab mereka kalah dengan persaingan gelar juara Liga Inggris 2019 dengan hanya terpaut dua poin. Pengalaman itu sepertinya dijadikan sebagai pembelajaran yang sangat penting buat Luis Suarez dkk di musim depan. (Baca juga: Jelang vs Everton: Pendekatan Heavy Metal Klopp yang Agresif, Menghasilkan Liverpool yang Impresif )

Penampilan Liverpool di musim ini benar-benar fantastis. Dalam 29 pertandingan yang telah dijalani, Si Merah sudah mengumpulkan 82 poin dari 27 menang, sekali imbang, dan sekali kalah.

Peluang mengakhiri dahaga gelar juara selama 30 tahun semakin berada di depan mata. Pasalnya, Liverpool saat ini unggul 22 poin dari City dan pasukan Klopp hanya membutuhkan lima poin lagi untuk menyelesaikan pertarungan gelar musim ini.

Artinya, Liverpool hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk merebut trofi Liga Inggris ke-19 atau hanya terpaut satu gelar saja dari United (20). Ya, Setan Merah merupakan salah satu klub dengan koleksi trofi terbanyak di Liga Inggris. (Tonton Analisis: Kapan Persisnya Liverpool Akan Menjuarai Liga Primer Tahun Ini, Simak Analisa Berikut )

Di era Ferguson, sebanyak 13 trofi juara berhasil dikumpulkan antara 1992 hingga 2013. "Saya pikir tidak mungkin untuk mendominasi lagi. United memiliki kombinas yang cukup bagus, dengan pelatih yang luar biasa dengan mata super untuk pemain dan waktu yang fantastis untuk waktu yang lama bersama pemain dan tim," ungkap Klopp dikutip dari LiveScore, Minggu (21/6).

Alasan Klopp sulit menyamai catatan United di era Ferguson terletak pada kemampuan klub dalam hal belanja pemain. Jadi untuk bisa superior seperti klub yang bermarkas di Old Trafford membutuhkan pasokan dukungan finansial.

"Ferguson selalu mendapatkan pemain pengganti yang luar biasa dan dia juga mendapatkan pasokan dukungan berupa uang. Kombinasi United benar-benar bagus. Kami pasti telah melakukan sesuatu yang benar, tetapi kami harus melakukan hal-hal ini dan mungkin lebih untuk tetap sukses."

"Tapi perlu diingat klub lain juga tidak akan berhenti. United akan membalas dan Chelsea saat ini sudah memulai melakukan pembelian pemain dengan sangat baik di pasar transfer," pungkas Klopp.
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)