Biodata dan Agama Rasheda dan Jamilah Ali, Putri Kembar Muhammad Ali yang Jadi Aktivis HAM

Rabu, 11 Mei 2022 - 06:00 WIB
loading...
Biodata dan Agama Rasheda dan Jamilah Ali, Putri Kembar Muhammad Ali yang Jadi Aktivis HAM
Biodata dan Agama Rasheda dan Jamilah Ali, Putri Kembar Muhammad Ali yang Jadi Aktivis HAM. Foto: WBC
A A A
NEW YORK - Siapa tak kenal Muhammad Ali ? Sang legenda tinju dunia punya putri kembar yaitu Rasheda Ali dan Jamilah Ali yang salah satunya menjadi aktivis hak asasi manusia (HAM) dan membantu para korban penyakit parkinson.

Muhammad Ali adalah mantan petinju professional asal Amerika Serikat yang dikenal secara luas sebagai salah satu tokoh olahraga yang paling berpengaruh di abad ke-20. Kariernya cemerlang di dalam ring, serta moncer di luar gelanggang pertarungan.



Ali mulai berlatih tinju pada usia 12 tahun. Kemudian di usianya yang ke-22 tahun, ia telah merebut gelar juara dunia tinju kelas berat dari Sonny Liston dalam pertarungan pada tahun 1964.

Tidak lama setelah itu, petinju yang awalnya memiliki nama lahir Cassius Marcellus Clay Jr itu memeluk agama Islam dan mengubah namanya menjadi Muhammad Ali. Lalu, Ali menikah dengan Khalilah Camacho.

Dari pernikahan itu, Ali dan Khalilah melahirkan beberapa anak, dua di antaranya dilahirkan secara bersamaan alias kembar, yaitu Rasheda Ali dan Jamilah Ali.

Putri kembar Ali lahir pada 20 Agustus 1970, di Flushing, New York, Amerika Serikat. Baik Rasheda maupun Jamilah Ali keduanya memeluk agama Islam.

Dalam latar belakang pendidikannya, Rasheda dan Jamilah Ali setelah melakukan matrikulasi dari sekolah menengah di New York pada 1988, mereka kemudian mendaftar di Universitas Illinois. Salah satunya, Rasheda lulus dengan gelar BA dalam Komunikasi Massa.

Di sisi lain, Rasheda Ali dikenal sebagai pembicara dan pendukung orang yang menderita sindrom Parkinson. Selain itu, Rasheda mewarisi gagasan ayahnya yang menjadi aktivis pejuang hak asasi manusia (HAM) dan menentang keras diskriminasi dan rasisme.

Di usia 21 tahun, Rasheda menyelesaikan buku berjudul “Aku Akan Pegang Tanganmu Agar Kamu Tidak Akan Jatuh: Panduan Seorang Anak untuk Penyakit Parkinson” untuk mendukung semua orang yang menderita penyakit ini dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit tersebut.

Putri kembar Ali memiliki banyak saudara kandung dan saudara tiri, karena ayahnya memiliki beberapa hubungan di luar nikah dengan wanita lain. Jadi, di antara saudara kandungnya ada Maryum Ali (kakak perempuannya), dan Muhammad Ali Jr (adik laki-lakinya). Mereka juga memiliki saudara tiri yaitu Hana Ali, Khaliah Ali, Miya Ali, dan Asaad Amin.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2100 seconds (0.1#10.140)