Odekta Sentil Luhut usai Prestasi Atletik Indonesia Jeblok di SEA Games 2021

Jum'at, 20 Mei 2022 - 16:00 WIB
loading...
Odekta Sentil Luhut usai Prestasi Atletik Indonesia Jeblok di SEA Games 2021
Pelari Indonesia Odekta Elvina Naibaho membentangkan bendera Merah Putih usai memenangi nomor lari maraton putri SEA Games Vietnam 2021 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Kamis (19/5/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
A A A
HANOI - Kontingen atletik Indonesia baru menyumbang dua emas dari delapan target yang dicanangkan. Ketua Umum PB PASI, Luhut Binsar Panjaitan mendapat sorotan dari para atlet karena dianggap ikut bertanggung jawab.

Hingga hari ini, Jumat (20/5/2022) dua emas Indonesia dari cabang atletik direbut Odekta Elvina Naibaho (nomor maraton putri) dan Eki Febri (tolak peluru putri). Odekta ternyata memberikan kritik kepada induk cabang olahraga pimpinan Luhut Binsar Panjaitan tersebut.



Menurutnya, kinerja Ketua Umum PB PASI tidak maksimal, berbeda jauh dibandingkan dengan yang pernah ditunjukkan oleh Almarhum Bob Hasan, Ketua Umum PB PASI sebelum Luhut terpilih.

Penyebabnya, sejauh ini dia harus berjuang maksimal sendiri serta bekerja keras meskipun tidak mendapatkan biaya dari PB PASI selama dua bulan. Dia merasa kecewa karena sejatinya sudah mengorbankan emosi, materi, masa muda dan keluarganya.

"Saya ingin menyampaikan bahwa jangan hanya peduli ketika kami berhasil, tetapi ketika gagal dibuang. Tolong untuk pengurus federasi dan apa pun yang bersangkut-paut di kepengurusan," katanya kepada awak media.



Bahkan, Odekta membeberkan mulai dari urusan kecil seperti butuh untuk pijat, tidak diberikan. Kemudian, dia memilih untuk menyewa apartemen agar bisa fokus tinggal di Jakarta untuk melanjutkan TC yang sebelumnya berlangsung di Pangalengan, tetapi invoice tagihan pengeluarannya untuk sewa apartemen itu tak di ganti oleh PB PASI , padahal seperti diketahui, pasca MoU dengan Kemenpora, pembiayaan keperluan atlet sudah dibayarkan melalui rekening PB PASI.

"Namun, buat apa mempermasalahkan itu sebelum ada hasil. Saya ingin memperlihatkan hasil dulu dan pengorbanan saya akhirnya terjawab ketika saya ikhlas. Ini pelajaran buat mereka, ayo kerja bersama-sama," tegasnya.

Bukan hanya Odekta, ada juga atlet lain yang enggan namanya disebut menilai bahwa ada perbedaan besar dalam pemenuhan fasilitas. Karena itu, dia kemudian teringat pada masa almarhum Bob Hasan.

"Kalau dahulu, kekurangan itu selalu bisa dipenuhi terlebih dahulu, jadi latihan nyaman. Kalau boleh membandingkan, beda memang di era sekarang dengan saat ketua yang dahulu," tuturnya.
Odekta Sentil Luhut usai Prestasi Atletik Indonesia Jeblok di SEA Games 2021

Saat dikonfirmasi SINDOnews, Jumat (20/5/2022) Sekjen PB PASI Tigor Tanjung membantah tudingan para atlet. Menurutnya, Luhut telah bekerja maksimal sejak terpilih mengasuh cabang olahraga atletik.

"Saya lihat pak Luhut sangat tanggap. Misalnya, begitu terpilih menjadi Ketum, beliau langsung membangun fasilitas pelatnas di Pengalengan yang modern & berkelas internasional. Ini karena beliau prihatin pada minimnya fasilitas yang ada sebelumnya," kata Tigor.

Faktanya, cabang atletik saat ini mengalami penurunan prestasi. Jika sebelumnya bisa meraih lebih dari tiga emas, kini hanya dua emas yang diraih. Siapa yang patut bertanggung jawab: Ketua Umum Luhut Binsar Panjaitan atau pengurus lain yang memberikan masukan?
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)