MotoGP Finlandia 2022 Batal Digelar, FIM dan Dorna Sports Belum Tentukan Pengganti

Rabu, 25 Mei 2022 - 20:29 WIB
loading...
MotoGP Finlandia 2022 Batal Digelar, FIM dan Dorna Sports Belum Tentukan Pengganti
Kabar kurang menyenangkan datang dari dunia MotoGP. Federasi Balap Motor Internasional (FIM) dan Dorna Sports mengonfirmasi bahwa balapan MotoGP Finlandia 2022 resmi dibatalkan / Foto: Fim Europe
A A A
Kabar kurang menyenangkan datang dari dunia MotoGP. Federasi Balap Motor Internasional (FIM) dan Dorna Sports mengonfirmasi bahwa balapan MotoGP Finlandia 2022 resmi dibatalkan.

Dalam penyataan yang dirilis MotoGP di laman resmi, pada Rabu (25/5/2022), balapan MotoGP Finlandia 2022 ditunda karena dua alasan. Pertama, masalah homologasi Sirkuit KymiRing dan yang kedua adalah karena situasi geopolitik yang kurang mendukung sehingga membuat seri ini ditunda sampai tahun depan.

"Pekerjaan homologasi di KymiRing, bersama dengan risiko yang disebabkan oleh situasi geopolitik yang sedang berlangsung di wilayah tersebut, dengan sedih membatalkan Grand Prix Finlandia pada 2022," tulis pihak MotoGP.

BACA JUGA: Andrea Dovizioso Pasrah dengan YZR-M1 Yamaha di MotoGP 2022

"Keadaan saat ini telah menciptakan penundaan dan menempatkan pekerjaan yang sedang berlangsung di sirkuit baru dalam risiko. Oleh karena itu, semua pihak telah sepakat bahwa debut trek harus ditunda hingga 2023, saat MotoGP berharap untuk kembali ke Finlandia untuk pertama kalinya dalam empat dekade," lanjut pernyataan tersebut.

Dengan begitu, satu seri MotoGP 2022 sudah pasti dibatalkan. Namun, sampai saat ini belum diketahui apakah pihak penyelenggara akan menggantinya dengan balapan di sirkuit lain atau tidak.

Sebelumnya, Finlandia resmi masuk ke dalam kalender kejuaraan MotoGP pada 2019 lalu. Akan tetapi, karena belum rampungnya pembangunan trek dan pandemi Covid-19 membuat balapan di KymiRing tidak jadi dihelat.

BACA JUGA: MotoGP Italia 2022: Enea Bastianini Termotivasi Juara di Le Mans

Trek sepanjang 4,6 km itu sendiri sebenarnya sudah pernah diuji coba oleh test rider dari enam pabrikan, yakni Honda, Yamaha, Suzuki, KTM, Ducati dan Aprilia, pada Agustus 2019 lalu. Bahkan, sebelum pembatalan MotoGP Finalndia 2022, sirkuit ini juga sempat dikabarkan bakal kembali menggelar pengujian pada Juni mendatang.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2781 seconds (0.1#10.140)