Biodata dan Agama Gennady Golovkin, sang Raja Ortodoks yang Mengguncang Jagat Tinju

Jum'at, 27 Mei 2022 - 06:01 WIB
loading...
Biodata dan Agama Gennady Golovkin, sang Raja Ortodoks yang Mengguncang Jagat Tinju
Biodata dan Agama Gennady Golovkin, Petinju Ortodoks yang Menggemparkan. Foto: IST
A A A
LAS VEGAS - Gennady Golovkin adalah seorang mantan pemegang gelar WBC, WBA Super, dan IBO. Sabuk juara dunia miliknya lepas setelah kalah dari Saul "Canelo" Alvarez dalam duel kedua di T-Mobile Arena, Las Vegas, 15 September 2018.

Sejak itu, petinju asal Kazakhstan berusaha bangkit dengan memenangi sederet pertandingan terakhir. Lawan pertama yang dia kalahkan adalah Steve Rolls di Madison Square Garden, New York, 8 Juni 2019.



Golovkin berhasil mempertahankan performa bagus usai mengalahkan Kamil Szeremeta yang hadir sebagai penantang wajib IBF.

Teranyar, Gennady Golovkin berhasil merebut sabuk juara dunia WBA kelas menengah super setelah merobohkan Ryoto Murata di ronde sembilan. Duel unifikasi gelar itu berlangsung di Saitama Super Arena, Saitama, Minggu (10/4/2022).

Golovkin saat ini digadang-gadang bakal menghadapi Saul Canelo Alvarez untuk kali ketiga (trilogi) guna menuntaskan dendam. Canelo sendiri mengonfirmasi pertarungan itu akan dijadwalkan September 2022 mendatang.

Profil Golovkin

Petinju berjuluk GGG atau Triple G lahir di kota Karaganda di RSS Kazakh, Uni Soviet (sekarang Kazakhstan). Pada usia 10 tahun, Golovkin masuk gym tinju pertamanya di Maikuduk, Karaganda, Kazakhstan.

Saat itu dia mendapat pelatih tinju pertamanya yang bernama Victor Dmitriev. Selama mengikuti latihan tinju, Golovkin anggap sangat bagus.

Sebulan setelah dia pertama kali memasuki gym, pada usia 10, pelatih memerintahkan dia untuk masuk ke ring untuk memeriksa keterampilannya dan dia kalah dalam pertarungan pertamanya.

Dia sempat mencicipi tinju amatir dengan sejumlah prestasi di antaranya medali emas Asian Games 2022 di Busan dan menyabet perak Olimpiade Athena 2004.

Setelah mengakhiri karier amatirnya pada tahun 2005, Golovkin menandatangani kontrak dengan Universum Box-Promotion (UBP) dan melakoni debut profesionalnya pada Mei 2006.

Sejumlah laporan menyebut agama yang dianut Golovkin adalah Ortodoks. Hal itu diperkuat pada fakta bahwa dia menikahi Alina Golovkina di Gereja Ortodoks Timur pada tahun 2007 sebelum akhirnya dikaruniai dua orang anak.

Biodata Golovkin

Nama: Gennadiy Gennadyevich Golovkin
Julukan: GGG
Kebangsaan: Kazakhstan
Kelahiran: RSS Kazakh, Uni Soviet (sekarang Kazakhstan) 8 April 1982
Rekor tinju
Total pertarungan 44
Menang 42
Menang KO 37
Kalah 1
Imbang 1
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1968 seconds (0.1#10.140)