MotoGP Pensiunkan Nomor Keramat 46 Valentino Rossi di Sirkuit Mugello

Sabtu, 28 Mei 2022 - 19:00 WIB
loading...
MotoGP Pensiunkan Nomor Keramat 46 Valentino Rossi di Sirkuit Mugello
MotoGP resmi memarkir nomor 46 milik Valentino Rossi dalam upacara perayaan yang digelar di Sirkuit Mugello. Seremoni ini berlangsung sebelum perhelatan GP Italia. Foto: ilfattoquotidiano
A A A
SAN PIERO - MotoGP resmi memarkir nomor 46 milik Valentino Rossi dalam upacara perayaan yang digelar di Sirkuit Mugello, Sabtu (28/5/2022). Seremoni ini berlangsung sebelum perhelatan GP Italia.



Rossi pensiun dari MotoGP pada akhir musim 2021. Itu menutup kiahnya setelah pertama kali berlaga di kejuaraan dunia grand prix pada 1996. Selama 26 musim beraksi di lintasan, nomor 46 selalu menemaninya.

Termasuk dalam merebut sembilan gelar dunia di kelas 125cc, 250cc dan MotoGP (tujuh di antaranya di kelas utama). Dia mencatat 115 kemenangan grand prix, dimana 89 di antaranya di MotoGP.

Sebenarnya, Rossi sempat berkata tidak mau nomor balapnya ini dipensiunkan. Dia lebih ingin ada pembalap lain yang memakainya di kemudian hari.

“Tentang nomor saya, saya berpikir – kesan pertama saya adalah saya tidak suka 46 dipensiunkan. Saya lebih suka itu tetap dan jika beberapa pembalap lain ingin mengambil nomor itu, mereka bisa," kata Rossi beberapa tahun lalu.

Namun, pihak MotoGP menganggap nomor 46 sudah sangat identik dengan Rossi. Jadi, walaupun ada pembalap yang berani menggunakannya tentu tak bisa menyamai atau mengalahkan pamor legenda asal Italia itu.

Pada acara ini, Rossi turut hadir di depan banyak pendukung yang mengenakan atribut serba kuning. Dengan demikian, The Doctor menjadi pembalap kesembilan sepanjang masa yang nomornya dipensiunkan.



Delapan nomor balap yang sebelumnya sudah dipensiunkan, adalah 34 (Kevin Schwantz), 74 (Daijiro Kato), 48 (Shoya Tomizawa), 65 (Loris Capirossi), 58 (Marco Simoncelli), 69 (Nicky Hayden), 39 (Luis Salom), dan #0 (Jason Dupasquier).
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)