Jelang Bentrok Bilbao, Pelatih Barcelona Pertanyakan Akurasi VAR di La Liga

Selasa, 23 Juni 2020 - 11:05 WIB
loading...
Jelang Bentrok Bilbao, Pelatih Barcelona Pertanyakan Akurasi VAR di La Liga
Disela-sela persiapan laga kandang antara Barcelona kontra Athletic Bilbao, pelatih Quique Setien membahas soal Video Assistant Referee (VAR) di la Liga. Foto: reuters
A A A
BARCELONA - Disela-sela persiapan laga kandang antara Barcelona kontra Athletic Bilbao, pelatih Quique Setien membahas soal Video Assistant Referee (VAR). Dia menyatakan teknologi ini belum digunakan dengan tepat.

(Baca Juga: Jelang Barcelona vs Athletic Bilbao: Membongkar Benteng Basque )

Barcelona akan menjamu Bilbao pada lanjutan La Liga di Camp Nou, dini hari nanti. Jika dimaksimalkan, Blaugrana bisa merebut lagi posisi pertama dari Real Madrid walau mungkin hanya sementara. Saat ini keduanya sama-sama mengoleksi 65 poin.

Sebelum partai itu, Setien menyinggung soal VAR. Dia menilai alat bantu itu tidak dipakai dengan benar. Acuannya adalah pertandingan antara Madrid melawan Real Sociedad. Kemenangan 2-1 Los Blancos dinilai kontroversial karena terbantu VAR.

Harusnya laga itu berakhir imbang atau bahkan dimenangkan Sociedad. Pasalnya, setelah tertinggal akibat penalti Sergio Ramos, tuan rumah sempat mencetak gol balasan. Namun, dianulir karena alasan handball.

Anehnya lagi, gol kedua Madrid lewat Karim Benzema malah dianggap sah meski sempat dianggap ada handball. Seandainya saja VAR digunakan dengan maksimal, hasilnya pasti akan berbeda dan Barcelona tetap memuncaki klasemen sementara La Liga.

“Ada sejumlah hal yang tidak bisa kami kontrol dan tidak bergantung kepada kami. Semua mengetahui apa yang terjadi di Anoeta (kandang Sociedad). Semua orang akan mengambil kesimpulan sendiri dari hal itu,” ucap Setien, dilansir skysport.

(Baca Juga: Barca Berpacu dengan Waktu Jual Todibo dan Coutinho )

“Bisa dimaklumi jika kita berpikir hanya beberapa saja yang direview wasit (menggunakan VAR). Tapi, terkadang mereka tidak melakukannya pada pertandingan lain. Jadi, Anda bisa menilai kalau VAR tidak digunakan dengan tepat,” lanjut mantan pelatih Real Betis itu

Setien mengakui kontroversi akan selalu memainkan peranan penting dalam pertandingan sepak bola, sekalipun dengan teknologi VAR yang seharusnya membantu wasit dan official untuk memperbaiki kesalahan.

“Kami sudah menggeluti olahraga ini selama bertahun-tahun dan tidak ada yang berubah. Selalu sama, kontroversi akan selalu terjadi. VAR adalah alat yang bisa membuat kita menjadi lebih baik. Tapi, itu jika digunakan dengan tepat,” tandasnya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3538 seconds (0.1#10.140)