Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Singkirkan Skotlandia, Ukraina Tantang Wales di Final Playoff

Kamis, 02 Juni 2022 - 04:06 WIB
loading...
Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Singkirkan Skotlandia, Ukraina Tantang Wales di Final Playoff
Tim nasional (timnas) Ukraina selangkah lagi lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar/Foto/uefa.com
A A A
GLASGOW - Tim nasional (timnas) Ukraina selangkah lagi lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar. Ukraina melaju ke final playoff usai mengalahkan Skotlandia 3-1 pada semifinal playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa di Hampden Park, Skotlandia, Kamis (2/6/2022) dini hari WIB.

Ukraina akan menghadapi Wales yang mengalahkan Austria. Laga kedua tim digelar di markas Wales, Cardiff City Stadium, Cardiff, pada 5 Juni 2022.



Jalannya pertandingan, pada awal babak pertama, Ukraina dan Skotlandia menampilkan jual beli serangan. Timnas Ukraina bermain ngotot sejak awal pertandingan, sementara Timnas Skotlandia lebih kalem namun punya serangan balik yang merepotkan.

Situasi ini terus terjadi hingga pertandingan memasuki menit ke-15. Terpantau, kedua tim sama-sama tidak mau mengalah mengingat pentingnya kemenangan dalam laga ini untuk menjaga asa lolos ke Piala Dunia 2022.



Kendati demikian, serangan yang dilancarkan pasukan Oleksandr Petrakov terpantau lebih efektif. Secara bergiliran, Andriy Yarmolenko dan Ruslan Malinovskiy membuat repot pertahanan The Tartan Army -julukan Timnas Skotlandia.

Akhirnya, Yarmolenko (33’) mampu membuka keunggulan untuk Timnas Ukraina melalui sontekan manisnya. Usai gol tersebut, Timnas Skotlandia terlihat lebih berhati-hati untuk melakukan serangan. Namun, tak ada gol tambahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, empat menit setelah peluit tanda memulai pertandingan dibunyikan, Timnas Ukraina menggandakan keunggulan. Adalah Roman Yaremchuk (49’) yang mampu mengelabui Craig Gordon, Timnas Ukraina unggul 2-0.

Selepas gol itu, Timnas Skotlandia mencoba untuk mencari peruntungan agar bisa mempertipis ketertinggalan. Kendati begitu, serangan mereka terpantau tidak efektif untuk membongkar pertahanan Timnas Ukraina.

Namun, berbagai upaya yang terus dilakukan pasukan Steve Clarke akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke-79, Callum McGregor akhirnya mampu memperkecil keteringgalan menjadi 1-2.

Usai gol tersebut, Timnas Skotlandia yang terus menyerang tak mampu menyamakan kedudukan. Mereka justru kebobolan lagi usai sontekan Artem Dovbyk (90+5’) di menit kritis tak mampu dihalau Gordon.

Pada akhirnya, Timnas Ukraina mampu mengalahkan Timnas Skotlandia 3-1 di Babak Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Kini, mereka tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan tiket Piala Dunia 2022. Timnas Ukraina akan berebut tiket dengan Timnas Wales. Pertandingan itu akan dilangsungkan di Stadion Kota Cardiff, Wales pada Minggu (5/6/2022) mendatang.

Susunan Pemain

Timnas Skotlandia (3-4-1-2): Craig Gordon, Scott McTominay, Grant Hanley, Liam Cooper (Hendry 67’), Aaron Hickey, Billy Gilmour (Armstrong 68’), Callum McGregor, Andy Robertson, John McGinn, Che Adams, Lyndon Dykes (Christie 46’).
Pelatih: Steve Clarke

Timnas Ukraina (4-1-4-1): Heorhiy Bushchan, Oleksandr Karavayev, Illya Zabarnyi, Mykola Matvienko, Vitaliy Mykolenko, Taras Stepanenko, Andriy Yarmolenko (Zubkov 8’), Ruslan Malinovskiy (Shaparenko 72’), Oleksandr Zinchenko, Viktor Tsyhankov (Mudryk 72’), Roman Yaremchuk (Dovbyk 78’).
Pelatih: Oleksandr Petrakov
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)