Jelang Formula E Jakarta 2022, Anies Baswedan: Indonesia Siap Masuk Era Kendaraan Listrik

Kamis, 02 Juni 2022 - 22:33 WIB
loading...
Jelang Formula E Jakarta 2022, Anies Baswedan: Indonesia Siap Masuk Era Kendaraan Listrik
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjadikan ajang Formula E 2022 atau Jakarta E Prix 2022 sebagai ajang yang tepat untuk mengirimkan pesan bahwa Indonesia sudah siap untuk masuk ke era kendaraan listrik / Foto: Twitter (@aniesbaswedan)
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan , menjadikan ajang Formula E 2022 atau Jakarta E-Prix 2022 sebagai ajang yang tepat untuk mengirimkan pesan bahwa Indonesia sudah siap untuk masuk ke era kendaraan listrik. Itu disampaikannya dalam konferensi pers di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (2/6/2022).

"Ajang ini adalah untuk Indonesia dan Jakarta. Mari sama-sama manfaatkan Formula E untuk membawa nama baik Indonesia di gelanggang dunia. Ini bisa mengirim pesan kepada semuanya bahwa Indonesia siap masuk ke era kendaraan listrik," kata Anies.

Sekadar informasi, Formula E merupakan kejuaraan balapan mobil yang berbeda dengan Formula 1. Jika jet darat F1 dipacu dengan tenaga hybrid, yang terdiri dari bahan bakar minyak dan listrik, maka mobil Formula E hanya menggunakan listrik saja sebagai sumber tenaga.

BACA JUGA: Cuaca Panas Hambat Persiapan Tim Avalanche Andretti Jelang Formula E Jakarta 2022

Pada tahun ini, Jakarta International E-Prix Circuit pun mendapat kesempatan untuk menggelar seri kesembilan Formula E 2022. Ini adalah kali pertama balap mobil listrik internasional dihelat di Tanah Air.

Anies pun menyebut bahwa Jakarta E Prix 2022 ini menjadi bukti keseriusan Pemerintah DKI Jakarta untuk mengajak masyarakat mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. Menurutnya, ini juga merupakan pesan kepada dunia bahwa Indonesia sudah siap untuk masuk ke era kendaraan tenaga listrik.

"Jakarta sudah ada 100 bis listrik Insya Allah akhir 2030 bis sudah 100 persen menggunakan listrik. Ini adalah rangkaian transformasi Jakarta menuju lebih ramah lingkungan,” imbuhnya.

BACA JUGA: Jelang Formula E Jakarta, Ini Perkembangan Terkini Fasilitas di Sirkuit

Sebelumnya, pada pidato pembukaannya dalam acara yang sama, orang nomor satu di Jakarta itu menjelaskan targetnya untuk menjadikan Jakarta menjadi kota dengan zero emisi. Karena itu, tiga tahun lalu dia memulai rencananya untuk menggelar Formula E di Jakarta sebagai bukti keseriusannya untuk memulai langkah tersebut.

"Harapan kami, Jakarta ikut berkontribusi dan bertanggungjawab. Formula E adalah pesan babak baru bahwa Jakarta bisa jadi kota ramah lingkungan. Ini bukan hanya balapan tapi pesnan tentang kemajuan dan tentang balapan,” ujar pria berusia 53 tahun itu.

Jakarta E Prix 2022 ini sendiri digelar satu hari penuh pada Sabtu (4/6/2022) yang dimulai dengan Latihan Bebas 1 pada pukul 07.15-07.45 WIB dan dilanjutkan dengan Latihan Bebas 2 pada pukul 09.00-09.30 WIB. Kemudian, sesi kualifikasi akan dilaksanakan pada pukul 10.40-11.55 WIB dan balapan dihelat pada pukul 15.00-16.00 WIB.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)