Biodata dan Agama Nonito Donaire, Juara Tertua yang Menggemparkan

Jum'at, 03 Juni 2022 - 08:47 WIB
loading...
Biodata dan Agama Nonito Donaire, Juara Tertua yang Menggemparkan
Biodata dan Agama Nonito Donaire, Juara Tertua yang Menggemparkan/Bleacherreport
A A A
Nonito Donaire Jr. dikenal sebagai salah satu juara dunia tertua yang mengejutkan ring tinju dunia dalam tiga dekade terakhir. Nonito Donaire mengejutkan ring tinju dunia setelah sepak terjangnya yang mengerikan di kelas bawah.

Siapa Nonito Donaire? Lahir 16 November 1982, Nonito Donaire adalah seorang petinju profesional Filipina. Dia memegang beberapa sabuk juara di empat kelas dari kelas terbang hingga kelas bulu, termasuk gelar kelas bantam WBC sejak Mei 2021.

Selain menjadi petinju tertua dalam sejarah yang menjadi juara dunia kelas bantam, Donaire memegang perbedaan sebagai yang pertama - juara di kelas itu. Dia juga telah menguasai sabuk juara selama tiga dekade berturut-turut: 2000-an, 2010-an dan 2020-an, menjadi petinju keenam yang melakukannya setelah Evander Holyfield, Manny Pacquiao, Bernard Hopkins, Erik Morales, dan Floyd Mayweather Jr.



Hingga kini, Donaire memegang sembilan gelar dunia empat badan tinju dunia, serta gelar kelas terbang IBO, kelas terbang super interim WBA, dan majalah Ring serta kelas bantam super linier. Pada Juni 2021, Donaire jadi juara kelas bantam aktif terbaik kedua di dunia oleh The Ring, Dewan Peringkat Tinju Transnasional, BoxRec, dan ESPN.

Pada tanggal 8 Agustus 2008, Donaire menikah dengan Rachel Marcial, seorang juara Taekwondo perguruan tinggi dan militer Filipina-Amerika Amerika Serikat dalam sebuah upacara pribadi di Carmel, California diikuti dengan kebaktian gereja di Filipina pada tanggal 11 November 2011. Mereka memiliki dua putra bernama Jarel Michael dan Jarel Logan.

Istri Donaire adalah anggota timnya dan ayahnya adalah kepala keamanannya. Pada 4 Juli 2013, istri Donaire yang sedang hamil terluka saat menyelamatkan seorang anak yang tenggelam. Donaire dikenal sebagai "The Filipino Flash" karena kecepatan tangannya yang cepat dan kekuatan pukulannya.

Petinju yang berasal dari keluarga kristiani itu merupakan pemenang dua kali penghargaan The Ring's Knockout of the Year, pada tahun 2007 dan 2011. Dia mencapai puncak pound untuk pound peringkat ketiga oleh The Ring pada tahun 2011, dan dinobatkan sebagai Fighter of the Year pada tahun 2012 oleh Asosiasi Penulis Tinju Amerika.

Donaire adalah salah satu dari sedikit petinju Asia terpilih yang memenangkan gelar dunia dalam setidaknya empat kelas, bersama dengan sesama petinju Filipina Manny Pacquiao dan Donnie Nietes. Donaire lahir di Talibon, Bohol, Filipina, anak ketiga dari empat bersaudara dari pasangan Nonito C. Donaire, Sr. (lahir 1959, Cotabato Selatan) dan Imelda M. Gonzales (lahir 1950, Talibon). Kakak laki-lakinya adalah mantan petinju Glenn Donaire, dan sepupunya adalah mantan petinju Richard Donaire.

Sampai dia berusia enam tahun, Donaire tinggal di General Santos City, Cotabato Selatan dan bersekolah di sekolah yang sama dengan juara dunia delapan divisi masa depan, Manny Pacquiao. Donaire adalah anak bertubuh kecil dan sering diganggu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2228 seconds (0.1#10.140)