Profil dan Prestasi Greysia Polii, Peraih Emas Olimpiade yang Mengguncang Jagat Bulu Tangkis

Jum'at, 03 Juni 2022 - 16:05 WIB
loading...
Profil dan Prestasi Greysia Polii, Peraih Emas Olimpiade yang Mengguncang Jagat Bulu Tangkis
Profil dan Prestasi Greysia Polii, Peraih Emas Olimpiade yang Mengguncang Jagat Bulu Tangkis. Foto: Badminton Indonesia
A A A
JAKARTA - Pebulu tangkis veteran putri Indonesia, Greysia Polii, akan mengumumkan pensiun di final Indonesia Masters 2022 . Sejumlah prestasi telah dia torehkan untuk Merah Putih di level internasional.

Sebagaimana diketahui, sejak tampil di All England 2022, Greysia sudah tak lagi tampil di berbagai kejuaraan internasional bersama Apriyani Rahayu- pasangan yang membantunya meraih emas Olimpiade Tokyo 2022. Banyak pihak pun menganggap Greysia telah gantung raket sejak saat itu.

Baca Juga: Home All Sports Greysia Polii Pensiun di Final Indonesia Masters 2022

Akan tetapi, pemain berusia 34 tahun itu baru akan mengumumkan keputusan pensiun secara resmi pada 12 Juni 2022 nanti, tepatnya di final Indonesia Masters 2022. Hal ini dilakukan dengan berbagai alasan, termasuk menolong Apriyani Rahayu yang masih membutuhkan poin.

"Kalau saya tinggal atau saya keluar, ranking dunia saya dan Apriyani akan hilang. Nanti, Apriyani dengan partner barunya (akan susah). Apalagi ranking ganda putri saat ini rankingnya jauh banget, enggak bisa ngangkat, nanti mereka dari kualifikasi lagi, dari bawah lagi. Jadi sengaja ditunggu," ucap Greysia kepada awak media di Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Saat ini, Apriyani bersama pasangan barunya, Siti Fadia Silva Ramadhanti memang masih menggunakan notional ranking untuk mendapatkan tempat mereka di kejuaraan international. Begitu juga di Indonesia Masters dan Indonesia Open 2022, di mana Apriyani/Fadia masih memakai poin notional ranking yang cukup tinggi, sehingga mereka bisa tampil di dua event bergengsi itu.

Lantas, seperti apa kiprah Greysia Polii di dunia bulu tangkis Indonesia? Tentu para pecinta bulu tangkis sudah tidak asing dengan prestasi-prestasi Greysia. Namun, untuk menyegarkan kembali ingatan, berikut jejak prestasi pebulu tangkis kelahiran 11 Agustus 1987.

Profil dan Prestasi Greysia Polii:
Profil dan Prestasi Greysia Polii, Peraih Emas Olimpiade yang Mengguncang Jagat Bulu Tangkis

Greysia Polii mencapai puncak kariernya sebagai atlet ketika meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020 bersama Apriyani Rahayu. Pencapaian itu menjadi sejarah baru bagi Indonesia khususnya cabang olahraga bulu tangkis. Momentum keberhasilannya di ajang Olimpiade menjadi hadiah yang pas untuk ulang tahun Indonesia ke-76.

Sempat terpuruk pada Olimpiade London 2012, Greysia tidak menyerah dan menjadikan hal tersebut sebagai pelajaran berharga baginya. Hasilnya di Olimpiade Tokyo 2020 dia menyegel medali emas. Bersama Apriyani Rahayu, dia kini menyandang predikat ganda putri Indonesia dan Asia Tenggara pertama yang meraih medali emas Olimpiade.

Greysia Polii lahir pada 11 Agustus 1987 di Jakarta. Ia menghabiskan masa remaja di Manado dan mulai tartarik pada dunia bulu tangkis karena pengaruh sang kakak. Ia juga mengagumi sosok Deyana Lomban dan Susy Susanti hingga legenda Cina bernama Zhang Ning.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1854 seconds (11.97#12.26)