Biodata dan Agama Oleksandr Usyk, si Kidal Juara Kelas Berat Tak Terkalahkan

Selasa, 07 Juni 2022 - 08:07 WIB
loading...
Biodata dan Agama Oleksandr Usyk, si Kidal Juara Kelas Berat Tak Terkalahkan
Oleksandr Usyk menjadi perbincangan terkait prestasinya di atas ring/Foto/matchroomboxing.com/Mark Robinson
A A A
LAS VEGAS - Oleksandr Usyk menjadi perbincangan terkait prestasinya di atas ring. Pada September 2021 lalu petinju Ukraina itu berhasil mengalahkan Anthony Joshua dan merebut gelar juara kelas berat miliknya.

Oleksandr Usyk lahir pada 17 Januari 1987 di Simferopol, yang merupakan kota terbesar kedua yang terletak di Semenanjung Krimea. Meskipun saat ini dia berbakat sebagai petinju, dulu Usyk sempat menekuni sepak bola dan tergabung kedalam akademi untuk klub papan atas Ukraina saat itu SC Tavriya Simferopol.



Petinju ini sempat belajar di Universitas Budaya Fisik Lviv State dan ia memulai karir tinjunya pada tahun 2002.Oleksandr yang beragama Kristen ini menikah dengan Kateryna Usyk, mereka memiliki tiga orang anak.

Dilansir dari planetsport.com, Sebelum dia menjadi petinju profesional, dia sudah mencapai banyak gelar. Diantaranya pada Olimpiade London 2012, dia memenangkan medali emas di kelas berat dan juga sukses di Kejuaraan Dunia 2011 lalu Kejuaraan Eropa di Baku Liverpool pada tahun 2008.



Karier profesionalnya dimulai dari mengambil bagian di musim pertama Seri Super Tinju Dunia untuk kelas penjelajah antara 2017/18. Dia mengalahkan Murat Gassiev untuk menjadi juara.

Perjalanannya di kelas berat juga tidak kalah mulus. Mengalahkan juara bertahan kelas berat dunia WBA, IBF dan WBO dengan kemenangan mutlak atas Joshua pada 25 September 2021, di London, Inggris.

Dia merupakan petarung ketiga setelah Holyfield dan Haye yang memenangkan gelar dunia di kelas penjelajah dan kelas berat.

Pada April 2017, Usyk mempertahankan gelar juara dunia kelas penjelajah WBO melawan Michael Hunter. Dia menang melalui keputusan bulat dan berhasil mempertahankan gelar juaranya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)