Persija Boyong Ondrej Kudela, Bek Republik Ceko yang Pernah Main di Liga Champions

Rabu, 08 Juni 2022 - 23:59 WIB
loading...
Persija Boyong Ondrej Kudela, Bek Republik Ceko yang Pernah Main di Liga Champions
Persija Boyong Ondrej Kudela, Bek Republik Ceko yang Pernah Main di Liga Champions. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Persija Jakarta resmi mendatangkan legiun asing asal Republik Ceko, Ondrej Kudela. Bek tengah yang pernah bermain di Liga Champions itu dikontrak Macan Kemayoran dalam durasi tiga tahun.

Sebagimana diketahui, Ondrej yang saat ini berusia 35 tahun menjadi pemain asing kedua Macam Kemayoran selain Makan Konate. Tak tanggung-tanggung, klub kebanggaan asal ibukota itu mengikatnya hingga tiga tahun ke depan.

Baca Juga: Home Bola MU Absen di Liga Champions Musim Depan, Bruno Fernandes: Saya Kecewa

Menyambut kedatangan Ondrej, Pelatih Persija, Thomas Doll, optimis kehadiran bek Timnas Republik Ceko itu bisa memperkuat pertahanan Persija. Terlebih, Ondrej memiliki mental dan pengalaman yang bagus di Eropa.

“Saya rasa Ondrej sangat bisa memberi pengaruh positif untuk lini belakang Persija, solid dalam bertahan, distribusi bola ke depan pun sangat bagus, mental yang bagus, sangat professional," papar Thomas, dilansir dari rilis resmi Persija, Rabu (8/6/2022).

"Ondrej pun sekarang berstatus sebagai pemain Timnas Ceko. Ia pun sedang bermain di Nation League jadi pemain muda Persija bisa belajar banyak dari Ondrej,” tambah Thomas.

Bahkan, Thomas merasa pengalaman Ondrej yang pernah bermain di Liga Europa dan Liga Champions bisa membantu tim dari segi kualitas. Pastinya, membantu perkembangan tim di setiap latihan dari pemain muda maupun senior.

Sekarang informasi tambahan, Ondrej Kudela menghabiskan lima tahun terakhir bersama klub asal Republik Ceko, Slavia Prague. Ia bermain sebanyak 98 dan mengemas 14 gol. Ondrej mengoleksi tiga Gelar Liga Gambrinus (Liga 1 Republik Ceko) dan tiga Czech Cup bersama Slavia Prague.

Sebab itu, Ondrej harum di Liga Ceko. Ia tercatat tiga kali meraih gelar liga, yaitu pada musim 2020/2021, 2019/2020, dan 2018/2019 kala berseragam SK Slavia Praha.

Dalam rekam kariernya, Ondrej nyaris tak pernah keluar dari Republik Ceko. Satu-satunya momen ia meninggalkan Republik Ceko adalah pada 2014 saat dipinjamkan ke Liga Kazakhstan bersama Ordabasy. Jadi, Indonesia merupakan negara ketiganya dalam karier sepak bola Ondrej.

Diketahui, Ondrej juga sebagai pemain Timnas Republik Ceko. Ia rutin masuk timnas sejak kelompok umur hingga akhirnya menembus timnas senior. Terakhir, ia ambil bagian adalah dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Ia tampil kala Republik Ceko menghadapi Wales, Belgia, dan Estonia.

Tak hanya menjadi pemain reguler dalam empat musim terakhir bersama Slavia Praha, Ondrej juga menjadi bek yang produktif. Ia rutin mencetak gol dalam rentang waktu tersebut. Pada 2018/2019 menorehkan tiga gol, musim berikutnya mencetak dua gol (2019/2020), selanjutnya enam gol (2020/2021), dan tiga gol lagi (2021/2022).

Bahkan, ia pernah bermain di Liga Champions dan Liga Europa.
Ondrej tak hanya memiliki pengalaman internasional di level timnas, tapi juga di klub. Ia membukukan banyak caps di Liga Europa dan Liga Champions. Terakhir dia tampil di babak grup Liga Champions yaitu musim 2019/2020. Ia bersama Slavia Praha bertemu Barcelona, Borussia Dortmund, dan Inter Milan di Grup F.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2242 seconds (11.210#12.26)