Zlatko Dalic Semringah Kroasia Cetak Sejarah Kalahkan Prancis

Selasa, 14 Juni 2022 - 22:02 WIB
loading...
Zlatko Dalic Semringah Kroasia Cetak Sejarah Kalahkan Prancis
Kroasia mencetak sejarah usai kalahkan Prancis di UEFA Nations League 2022/2023/Foto/Twitter
A A A
PARIS - Timnas Kroasia mencatat sejarah manis usai menumbangkan Prancis 1-0 pada penyisihan Grup A1 UEFA Nations League 2022/2023 di Stade de France, Paris, Selasa (14/6/2022) dini hari WIB. Tak hanya menuntaskan dendam final Piala Dunia 2018, juga meraih kemenangan pertama atas Les Bleus.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, pun senang atas kemenangan tersebut. Kroasia sukses mempermalukan Les Bleus –julukan Timnas Prancis- dengan skor tipis 0-1 lewat gol yang dicetak Luka Modric (5’) via penalti.


Kemenangan ini melahirkan sejarah baru bagi sepak bola Kroasia. Karena untuk pertama kalinya dalam sejarah, mereka berhasil raih kemenangan atas Prancis. Pada sembilan laga sebelumnya, tercatat mereka hanya mampu meraih tiga hasil imbang dan enam kekalahan.

Salah satu kekalahan yang Kroasia dapat terjadi di partai final Piala Dunia 2018 yang dihelat di Rusia. Kala itu, Modric dkk harus menelan kekalahan dari Prancis dengan skor akhir 2-4. Setelah empat tahun lamanya, akhirnya mereka dapat membalaskan dendam tersebut.



Usai laga, Dalic tak bisa menutupi rasa gembiranya atas kemenangan bersejarah tersebut. Pelatih berusia 55 tahun itu mengungkapkan bahwa anak asuhnya memang sangat termotivasi untuk raih kemenangan atas Prancis. Sebab di pertandingan sebelumnya, Kroasia harus menelan kekalahan telak 0-3 dari Austria.

“Ini pertama kalinya Kroasia menang melawan Prancis dari sepuluh pertandingan. Kami sangat senang, kami bermain sangat baik dan berhasil menahan mereka. Ini tidak diragukan lagi salah satu kemenangan terbaik saya,” kata Dalic, dikutip dari laman resmi UEFA, Selasa (14/6/2022).

“Setelah kekalahan 3-0 dari Austria, beberapa pemain memiliki semangat untuk bangkit kembali. Hanya mereka yang memiliki kebanggaan dan karakter yang dapat melakukan itu. Setelah kekalahan Piala Dunia, kami tidak diragukan lagi memiliki ambisi melawan Prancis. Menang melawan juara dunia di kandang mereka merupakan hal yang luar biasa,” sambungnya.

Sementara itu, hasil kekalahan yang didapat Prancis sekaligus memperpanjang penderitaan mereka. Pasalnya, Karim Benzema dkk sama sekali belum memetik kemenangan dari empat laga yang telah mereka mainkan di UEFA Nations League 2022.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2131 seconds (0.1#10.140)