Kronologi Bobotoh Tewas di Piala Presiden 2022 Saat Duel Persib vs Persebaya

Sabtu, 18 Juni 2022 - 17:05 WIB
loading...
Kronologi Bobotoh Tewas di Piala Presiden 2022 Saat Duel Persib vs Persebaya
Penasihat Viking Persib Jabodetabek, Faisal Rahman, mengatakan, salah satu korban yang bernama Sofiana Yusuf sempat menukar tiket dan berpisah dengan rombongannya dari Bogor. Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Dua orang Bobotoh tewas saat laga Persib vs Persebaya di Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (17/6/2022). Begini kronologi insiden itu versi penasihat Viking Persib, Faisal Rahman.

Penasihat Viking Persib Jabodetabek, Faisal Rahman, mengatakan, salah satu korban yang bernama Sofiana Yusuf sempat menukar tiket dan berpisah dengan rombongannya dari Bogor. Hal itu disampaikan Faisal usai menghadiri pemakaman Sofiana Yusuf di Pemakaman Mandala, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Sabtu (18/6/2022).



"Konologisnya dia ini terpisah dari rombongan yang dari Bogor sendiri, beliau ada janji saudaranya yang dari Bandung, beliau ini bertukar tiket agar bisa bertemu dengan saudaranya itu," kata Faisal.

Ketika itu, lanjut Faisal, rombongan dari Bogor berada di VIP samping barat sedangkan Sofiana di tribun utara. Ditegaskannya, bahwa rombongan dari Bogor semuanya memiliki tiket termasuk Sofiana.

"Beliau kebagian tiket, cuma beliau menukarkan tiketnya di samping VIP Barat menuju utara. Makanya berpisah dari rombongan bertemu dengan saudaranya. Beliau menukarkan tiketnya dari samping VIP Barat ke utara. (Bogor) mengantongi tiket semua, kalau dibilang ada lebih tiket," jelasnya.

Suasana tidak kondusif terjadi sekitar menit 30 pertandingan tersebut berlangsung. Di mana, banyak suporter yang tidak memiliki tiket mencoba masuk.

"Kebetulan saya terpisah dengan rombongan, tidak bareng dengan rombongan. Di menit ke-30 di babak pertama tidak kondusif, di mana banyak penonton-penonton yang tidak bertiket memaksa untuk diizinkan masuk. Dimana awalnya tiket yang disediakan oleh panpel itu sekitar kurang lebih 15.000 penonton, kemungkinan itu isi stadion di isi sesuai kapasitas kurang lebih 30.000 penonton," ungkapnya.

Atas kejadian ini, diharapkan menjadi bahan evaluasi oleh pihak panitia penyeleggara ke depannya agar tidak terulang. Dari Viking Bandung berencana mendatangi kediaman Sofiana untuk tazkiah.

"Betul (Seharusnya tribun atas tidak dipakai, red), mungkin itu akan menjadi evaluasi untuk panitia sendiri. Setelah pertandingan terakhir hari Selasa akan ke Bogor, untuk sementara dari pihak Viking yang di Bandung datang takziah ke korban yang Cibaduyut, kemungkinan nanti Insya allah akan hadir ke Bogor di hari Rabu atau di Senin besok," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan dua orang Bobotoh, Asep Ahmad Solihin (29), warga Cibaduyut, Kota Bandung dan Sofiana Yusuf warga Kota Bogor jadi korban saat akan menyaksikan laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya, Jumat (17/6/2022).
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4069 seconds (0.1#10.140)