Terlempar ke Pot 4, Timnas Indonesia siap-siap Lawan Favorit Juara di Piala Asia 2023

Senin, 20 Juni 2022 - 13:00 WIB
loading...
Terlempar ke Pot 4, Timnas Indonesia siap-siap Lawan Favorit Juara di Piala Asia 2023
Indonesia akhirnya bisa mengikuti Piala Asia 2023 . Namun, peluang skuad Garuda meraih gelar juara sangat tipis karena bakal bertemu lawan kuat. Foto: ANTARA FOTO/Humas PSSI
A A A
JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia akhirnya bisa mengikuti Piala Asia 2023 setelah melewati kualifikasi putaran ketiga. Namun, peluang skuad Garuda meraih gelar juara sangat tipis karena bakal bertemu lawan kuat.



Armada Shin Tae-yong lolos ke putaran utama Piala Asia 2023 melalui jalur lima runner-up terbaik. Ini berkat kemenangan 7-0 atas Nepal pada laga penutup Grup A.

Indonesia akan mengikuti lagi turnamen sepak bola terbesar di Asia itu setelah menanti sejak partisipasi terakhir pada 2007. Tapi, bukan berarti pekerjaan telah selesai.

Sebab, skuad Garuda akan menghadapi tantangan lebih berat di Piala Asia 2023. Ini karena ada potensi masuk grup sulit. Soalnya, Indonesia berada di Pot 4, bersama Malaysia, Hong Kong, India, Tajikistan dan Thailand.

Artinya, saat pengundian yang rencananya dilakukan tahun depan, Indonesia akan bertemu lawan dari Pot 1, 2 dan 3 yang jelas lebih kuat lantaran masuk 100 besar peringkat FIFA.

Sebagai gambaran Pot 1 dihuni Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, Arab Saudi dan Qatar. Semuanya pernah memenangi Piala Asia.

Lalu, Pot 2 berisikan Uni Emirat Arab, Irak, Oman, China, Suriah dan Vietnam. Sedangkan di Pot 3 ada Libanon, Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kirgistan dan Palestina.

Penentuan pot memang ditentukan berdasarkan peringkat FIFA. Tapi, jika melihat Indonesia yang saat ini ada di urutan 155, dipastikan akan sangat sulit.

Agar bisa masuk Pot 3, Indonesia minimal harus bisa menggeser Palestina yang berperingkat 100. Artinya, dalam beberapa bulan ke depan Marc Klok dkk harus naik 51 peringkat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)