Petenis Rusia Pilih Ganti Kewarganegaraan demi Wimbledon 2022

Selasa, 21 Juni 2022 - 23:59 WIB
loading...
Petenis Rusia Pilih Ganti Kewarganegaraan demi Wimbledon 2022
Petenis Rusia Pilih Ganti Kewarganegaraan demi Wimbledon 2022. Foto: IST
A A A
LONDON - Berbagai cara dilakukan atlet Rusia untuk bisa tampil di turnamen olahraga bergengsi. Salah satunya yang dilakukan Natela Dzalamidze petenis Rusia yang pilih ganti kewarganegaraan demi tampil di Wimbledon 2022 .

Seperti kita tahu, tahun ini sejumlah negara megutuk aksi serangan militer Rusia ke Ukraina. Berbagai turnamen olahraga bergengsi pun mencoret para atlet Rusia dari daftar kontestan.



Wimbledon di Inggris salah satunya. Turnamen tenis itu melarang atlet Rusia untuk tampil, kecuali petenis tidak membawa nama dan bendera negaranya. Menurut Eurosport, hal itu tak menghalangi petenis Rusia, Natela Dzalamidze, untuk tampil.

Menurut laporan itu, Dzalamidze akan tetap tampil di Wimbledon 2022. Hal itu setelah dia mendapatkan paspor Georgia dan bakal bermain dengan bendera negara tersebut, bukan Rusia.

Dengan begitu, Dzalamidze akan tetap bisa bermain bersama pasangannya, Aleksandra Krunic asal Serbia. Keduanya akan tampil di nomor ganda putri, yang dimulai pada tanggal 27 Juni mendatang.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina, Dzalamidze berganti menggunakan bendera netral. Namun, hal tersebut tak lagi bisa dilakukan di Inggris, karena mereka melarang warga negara Rusia dan Belarusia untuk masuk.

Oleh sebab itu, kini Dzalamidze memiliki kewarganegaraan Georgia. Pihak Wimbledon sendiri dikabarkan tak bisa berbuat apa-apa, selama pergantian kewarganegaraan tak melanggar ketentuan.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)