Biodata dan Agama Robin Catalan, Petarung MMA si Monster Filipina dengan DNA Juara

Selasa, 21 Juni 2022 - 12:00 WIB
loading...
Biodata dan Agama Robin Catalan, Petarung MMA si Monster Filipina dengan DNA Juara
Biodata dan Agama Robin Catalan, Petarung MMA si Monster Filipina dengan DNA Juara. Foto: One Champ
A A A
JAKARTA - Biodata dan agama Robin Catalan sang petarung MMA ( mixed martial arts ) veteran asal Filipina ada di artikel ini. Petarung berjuluk Ilonggo disorot setelah kalah di tangan petarung Indonesia, Elipitua Siregar.

Robin Catalan menelan kekalahan saat melawan Elipitua Siregar di Singapore Indoor Stadium, Jumat (20/5/2022). Saat itu Robin Catalan menyerah di ronde pertama setelah menerima kuncian Anaconda choke.

Baca Juga: Kalahkan Petarung MMA Filipina, Peluang Jagoan Indonesia Tembus Ranking Teratas Terbuka

Selama kariernya di dunia olahraga bela diri, kekalahan yang diberikan Elipitua Siregar menjadi salah satu yang terburuk. Tak heran, Robin Catalan bermaksud menggelar rematch untuk menuntaskan dendam atas petarung Indonesia.

Lantas, seperti apa sosok Robin Catalan yang dijuluki monster gulat asal Filipina itu? Barangkali tak banyak yang tahu, Robin Catalan memulai kariernya di dunia olahraga bela diri sebagai atlet Muay Thai. Berikut ulasan ringkasnya:

Juara Dunia Muay Thai Robin Catalan lahir di Santa Barbara, Iloilo, di Provinsi Visayan, Filipina, yang dikenal sebagai daerah penghasil atlet tinju kelas dunia. Ia mulai berlatih seni bela diri pada tahun 2006 dengan harapan bisa mengikuti jejak langkah sang kakak, Rene, yang merupakan juara dunia wushu dalam berbagai kejuaraan.

Robin memenangi berbagai turnamen wushu dan Muay Thai, termasuk Kejuaraan Wushu Sanda Nasional Filipina pada tahun 2007 dan 2008, serta Kejuaraan Dunia IFMA Muay Thai pada tahun 2011. Tak ayal, seperti halnya sang kakak, ia mulai mengincar kejayaan dalam dunia seni bela diri campuran.

Hal tersebut mendorong keluarga ini untuk mendirikan sasana sendiri, Catalan Fighting System, yang telah melahirkan beberapa talenta terbaik di ONE Championship. Di sana, mereka memperdalam teknik grappling untuk melengkapi teknik elit mereka dalam striking.

Tak terkecuali Robin, yang telah mencetak beberapa kemenangan lewat kuncian sebagai bukti bahwa ia memiliki kemampuan lengkap untuk mengalahkan lawannya di mana pun laga berlangsung.

Biodata Robin Catalan

Nama: Robin Catalan
Julukan: Ilonggo
Kelahiran: Visayan, Filipina, 10 Agustus 1988
Agama: -
Kelas: Flyweight
Postur: 152 cm
Rekor: 9-8-0 (Menang-Kalah-Imbang)
Peringkat: 13 dari 118 petarung aktif kelas flyweight di Asia Tenggara
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0880 seconds (10.55#12.26)