Hasil Motogp Belanda 2022: Francesco Bagnaia Juara, Quartararo Kecelakaan

Minggu, 26 Juni 2022 - 20:07 WIB
loading...
Hasil Motogp Belanda 2022: Francesco Bagnaia Juara, Quartararo Kecelakaan
Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, meraih gelar juara di MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2022) Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw
A A A
ASSEN - Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, keluar sebagai pemenang MotoGP Belanda 2022 . Di balapan tersebut, Fabio Quartararo mengalami dua kali kecelakaan.

Pembalap asal Italia Francesco Bagnaia sukses mengasapi Marco Bezzecchi dan Maverick Vinales yang mengamankan podium kedua dan ketiga. Ketiganya disusul oleh Aleix Espargaro dan Brad Binder.

Baca Juga: Aleix Espargaro Kuasai Sesi Pemanasan MotoGP Belanda 2022

Sementara itu, sang pemimpin klasemen Fabio Quartararo terjatuh dua kali dalam balapan ini. Alhasil, dia gagal finis dan pulang tanpa poin.

Melaju di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2022) Francesco Bagnaia, yang memulai balapan dari pole position berhasil menjaga posisinya pada tikungan pertama. Sementara itu, Fabio Quartararo yang start dari tempat kedua, turun ke posisi empat di belakang Aleix Espargaro dan Jorge Martin.

Memasuki lap kedua dari 25 lap yang ada, Pecco -sapaan Bagnaia- masih memimpin dengan selisih 0,5 detik dari Espargaro. Menyusul di belakang keduanya, ada Quartararo yang sukses merebut tempat ketiga dari Martin.

Pada lap keempat, El Diablo -julukan Quartararo- mengalami kecelakaan di Tikungan 5. Dia terjatuh ketika berusaha menyalip Espargaro dan turut menabrak pembalap Aprilia itu. Beruntung keduanya masih bisa melajutkan balapan meski kemudian sang jagoan Yamaha berada di posisi terakhir dan Espargaro di urutan 15.

Kondisi tersebut membuat Pecco unggul jauh di tempat terdepan. Kini dia diikuti oleh Marco Bezzecchi dan Jorge Martin yangberjarak hampir satu detik dengannya.

Dua lap kemudian, rekan setim Quartararo, Franco Morbidelli juga terjatuh di tempat yang sama. Lalu, pembalap WithU RNF Yamaha, Darryn Binder, juga kecelakaan cukup parah di Tikungan 8 pada lap delapan.

Sepuluh lap balapan berjalan, Pecco tetap berada di posisi terdepan. Namun, perlahan-lahan Bezzecchi mulai mendekatinya dengan selisih 0,7 detik dan Martin juga menempel pembalap Mooney VR46 itu.

Sementara itu, Maverick Vinales sukses menyalip Brad Binder di Tikungan 5. Itu membuat rider Aprilia tersebut naik ke urutan empat.

Empat belas lap menuju finis, Quartararo, yang masih melanjutkan balapan di posisi terakhir, kembali mengalami kecelakaan. Dia kehilangan keseimbangan dan kemudian terlempar dari motornya di Tikungan 5. Dia terlihat kesal dengan itu dan memutuskan untuk tak meneruskan balapannya.

Sepuluh lap tersisa, posisi tiga terdepan masih diduduki Pecco, Bezzecchi dan Martin. Sang pembalap tim pabrikan Ducati bisa menjaga jarak dengan dua pembalap yang mengejarnya itu.

Sementara itu, Aleix Espargaro yang sempat terlempar karena ditubruk Quartararo, pelan-pelan mulai merangkak naik. Kini dia berada di posisi kedelapan dan hanya berselisih 0,2 detik saja dari Miguel Oliveira yang ada di depannya.

Lima lap menjelang finis, Pecco semakin nyaman di depan dan terus menjauh dari kejaran Bezzecchi. Lalu, tempat ketiga ditempati Vinales yang mengasapi Jack Miller, Brad Binder dan Jorge Martin.

Di sisi lain, Aleix Espargaro sudah berada di posisi ketujuh. Dia terus berusaha mengejar martin yang berada 1,3 detik dihadapannya.

Hingga balapan berakhir, dominasi Pecco tidak bisa terbendung lagi. Dia melesat meninggalkan lawan-lawannya dan keluar sebagai pemenang.

Sementara itu, podium kedua dan ketiga masing-masing diamankan Bezzecchi dan Vinales. Lalu, Espargaro finis di posisi keempat setelah menyalip Binder dan Miller di tikungan terakhir.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0956 seconds (10.101#12.26)