Tes kelayakan Yogyakarta jadi tuan rumah PON

Senin, 25 November 2013 - 17:00 WIB
Tes kelayakan Yogyakarta jadi tuan rumah PON
Tes kelayakan Yogyakarta jadi tuan rumah PON
A A A
Sindonews.com - DI Yogyakarta memiliki keinginan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON). Dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XIII/2013 menjadi ajang pembuktian kesiapan segala fasilitas maupun infrastruktur olahraga Yogyakarta sebelum ditunjuk menjadi tuan rumah PON.

"Ini kesempatan kita melihat sejauh nama kesiapan DIY. Sudah lama DIY berkeinginan menjadi tuan rumah PON. Jika nanti hasilnya siap, tentu DIY tidak akan ragu lagi mengajukan diri atau ditunjuk menjadi tuan rumah PON suatu saat nanti," ujar Ketua Umum Panitia Pomnas ke-13 Prof Dr Rochmat Wahab dalam acara Welcome Party Minggu (24/11) malam.

Rektor UNY ini juga menuturkan, penyelenggaraan Pomnas harus menjadi sarana memupuk persatuan, kebersamaan dan persahabatan antar mahasiswa. Selain itu, ajang kompetisi olahraga ini diharapkan dapat membangkitkan prestasi demi kemasyuran bangsa di mata Internasional melalui olahraga.

"Pomnas ke-13 di DIY ini merupakan sarana menanamkan pendidikan karakter mahasiswa melalui olahraga dan bertujuan memupuk dan meningkatkan kesadaran berbanggsa dan bernegara," imbuhnya.

Rochmat juga berpesan agar selama penyelenggaraan Pomnas, semua pihak mampu menjunjung tinggi nilai luhur olahraga yakni sportivitas, permainan yang adil dan cinta perdamaian. Untuk mewujudkannya, pihak panitia juga berkomitmen tinggi menegakkan sportivitas, keadilan dan persahabatan.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah DIY Drs Sulistyo MSi membacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Ia menuturkan, Pomnas bisa dapat menjadi ajang pembuktian bagi para atlet mahasiswa.

"Melalui Pomnas kita mampu menampilkan atlet-atlet mahasiswa yang potensial dan bermutu serta mampu mencerminkan prestasi cabang olahraga nasional secara umum," ujarnya.

Menurutnya, olahraga sangatlah penting karena tidak hanya membuat badan dan jiwa sehat, tapi juga mampu menumbuhkan semangat juang, semangat untuk menang dan meraih prestasi terbaik. Mahasiswa sendiri merupakan komponen bangsa yang dinamis juga harus mampu berprestasi secara keolahragaan selain dalam bidang studi, penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Kita juga harus meningkatkan prestasi olahraga para mahasiswa untuk memunculkan atlet-atlet terbaik dan meningkatkan prestasi olahraga tanah air secara keseluruhan," tuturnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5916 seconds (0.1#10.140)